Livestreaming

Mensos Luncurkan e-Warong ke-19 di Kabupaten Kediri

Riyan Ferdianto    •    Jumat, 23 Sep 2016 15:52 WIB
mensos
Mensos Luncurkan e-Warong ke-19 di Kabupaten Kediri
Mensos meluncurkan e-Warong di Kediri - MTVN/Riyan Ferdianto

Metrotvnews.com Kediri: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bekerja sama dengan Bank BRI meluncurkan warung elektronik (e-Warong) Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (KUBE-PKH) Koperasi Masyarakat Indonesia (KMIS) di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Peluncuran itu jadi peluncuran ke-19 e-Warong.  

e-Warong sebelumnya sudah diluncurkan di kota Malang, Sidoarjo, Mojokerto dan Makassar. Layanan e-Warong nantinya dipakai untuk penyaluran bantuan sosial dan subsidi kepada masyarakat yang membutuhkan. 

"Ini adalah kota ke-19 kita meluncurkan e-Warong gotong royong, jadi di Kabupaten Kediri kita bermitra dengan Bank BRI," ujar Khofifah di acara peluncuran e-Warong di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (23/9/2016)

Di e-Warong, PKH dapat menggunakan Kartu Indonesia Sejahtera sebagai alat pembayaran. PKH dapat membeli beras, gula, minyak goreng dan tepung.

\
e-Warong - MTVN/Riyan Ferdianto

Khofifah menuturkan dengan adanya e-Warong, masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan bantuan sosial. Dia berharap seluruh bantuan sosial bisa tersalur sebagaimana mestinya.

"Harapannya adalah seluruh bantuan sosial apakah dari Kementerian Lembaga di pusat ataukah dari Pemkab, Pemprov pada saat bisa menyatu di satu kartu, jangan orang makin miskin makin banyak, nah ini akan menjadi simple kalau mereka cukup punya kartu tapi fungsinya yang banyak," ungkap mensos 

Selain itu, Khofifah menambahkan tabungan itu juga dapat digunakan sebagai alat penyaluran berbagai dana bantuan sosial lainnya seperti Kartu Indonesia Pintar, Raskin, juga bansos dari pemerintah daerah lainnya.

Menurut Khofifah, penyaluran dana melalui nontunai lebih efektif dan akuntabel daripada penyaluran langsung tunai.
"Kalau nontunai, tidak ada peluang siapapun melakukan penyimpangan. Akan bisa dirapikan melalui format nontunai, termasuk raskin," pungkas Khofifah. 


Peluncuran e-Warong di Kediri - MTVN/Riyan Ferdianto 


(REN)

Video /