Lion Air: Pendaratan di Makassar Normal

Laela Badriyah, Vincent Waldy    •    Kamis, 22 Sep 2016 13:03 WIB
penerbangan
Lion Air: Pendaratan di Makassar Normal
Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulsel, Ant - Sahrul Manda Tikupadang

Metrotvnews.com, Jakarta: Lion Air membenarkan terjadi masalah pada pesawat bernomor penerbangan JT-791 saat hendak mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan. Namun pendaratan tidak dilakukan dalam kondisi darurat.

"Dengan pilot yang terlatih, pendaratan dilakukan secara normal," kata Public Relations Manager Lion Air Group Andy M Saladin kepada Metrotvnews.com, Kamis (22/9/2016).

Andy mengatakan lampu indikator menyala saat pesawat dari Ambon, Maluku, itu hendak mendarat di Makassar. Pilot Captain M Nasir Sahil melaporkan masalah itu ke menara pengawas. Kemudian pilot melakukan prosedur keselamatan penerbangan saat mendaratkan pesawat.

"Pesawat mendarat dan diberhentikan di runway sesuai prosedur keselamatan. Kemudian pesawat ditarik ke apron," lanjut Andy.


(Pesawat Lion Air di landasan pacu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Metrotv - Vincentius Waldy)

Setelah itu, petugas mengevakuasi 211 penumpang. Beberapa di antaranya yaitu 1 anak dan 4 bayi. Edward mengatakan beberapa bus digunakan untuk membawa penumpang ke ruang tunggu.

Andy tak menjelaskan masalah yang mengakibatkan lampu indikator menyala. Namun, katanya, Lion Air tengah menyelidiki masalah tersebut.

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 08.36 Wita. Pesawat melayani rute Ambon-Makassar-Surabaya. Penumpang tujuan Surabaya diterbangkan dengan menggunakan pesawat yang berbeda.

Kejadian tersebut mengakibatkan area pendaratan pesawat yang mengangkut jemaah haji berubah. Namun proses pendaratan berjalan aman.

Menurut Humas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, peristiwa itu tak mengganggu jadwal pendaratan pesawat Garuda Indonesia bernomor penerbnagan GIA 1303. Pesawat tersebut mengangkut jemaah haji kloter 3.


(RRN)

Video /