Hari Spesial, Beberapa Gajah di Bali Zoo Dapat Sajian Istimewa

Raiza Andini    •    Sabtu, 12 Aug 2017 16:33 WIB
selamatkan gajah
Hari Spesial, Beberapa Gajah di Bali Zoo Dapat Sajian Istimewa
Gajah di Bali Zoo mendapat perlakuan istimew di Hari Gajah Sedunia, MTVN - Raiza

Metrotvnews.com, Gianyar: Beberapa gajah di Bali mendapat perlakuan khusus pada Sabtu 12 Agustus 2017. Betapa tidak, Sabtu ini merupakan hari khusus gajah, lebih tepatnya World Elephant Day atau Hari Gajah Sedunia.

Di Kebun Binatang Bali, Kabupaten Gianyar, sembilan gajah betina maupun jantan mendapat perlakuan spesial. Mereka menyantap beragam buah yang disajikan di sebuah meja panjang.

Ada pisang, kelapa, wortel, dan melon. Hewan-hewan mamalia itu pun memasukkan satu per satu buah ke mulut melalui belalai panjang mereka.

Head of Public Relation Bali Zoo Emma Chandra mengatakan pengelola menghidangkan 60 kg buah untuk para gajah.

"Buah-buah itu merupakan favorit mereka, namun jarang disajikan," kata Emma di Bali Zoo.


(Wisatawan menyaksikan perlakuan istimewa untuk gajah di Bali Zoo, MTVN - Raiza)

Sementara itu, pengunjung kebun binatang terhibur dengan kegiatan tersebut. Pengunjung lalu mengabadikan momen spesial itu dengan kamera masing-masing.

Menurut Emma, kegiatan itu bertujuan menyadarkan masyarakat tentang pelestarian hewan. Apalagi, gajah merupakan hewan yang dilindungi. Sementara angka kematian gajah di Indonesia meningkat setiap tahun.

"Kita ingin menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli lagi dengan gajah. Karena gajah-gajah sekarang ini tingkat kehidupannya semakin menurun," tambahnya.

Windy, pengunjung asal Belanda, mengaku senang menyaksikan pola tingkah gajah. Ia mengaku kegiatan itu termasuk jarang namun menghargai hak-hak gajah.

"Gajah itu hewan langka, kita harus melindunginya. Jangan lagi ada kabar gajah dibunuh karena ingin mengambil gadingnya, gajah itu binatang yang sangat baik dan bijaksana kita tidak boleh mengganggunya," ujar Windy.
(RRN)