Mendagri Sebut Kepulauan Riau Tempat Strategis & Rawan

K. Yudha Wirakusuma    •    Rabu, 30 Dec 2015 16:54 WIB
mendagri
Mendagri Sebut Kepulauan Riau Tempat Strategis & Rawan
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo--Metrotvnews.com/K. Yudha Wirakusuma

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menuturkan, Provinsi Kepulauan Riau merupakan wilayah strategis dan rawan. Sebab, provinsi tersebut berbatasan langsung dengan beberapa negera tetangga.

‎"Kepulauan Riau merupakan tempat yang strategis tapi juga rawan. Karena dari sekian puluh jalur tikus, Kepulauan Riau menjadi pusat keluar masuknya narkoba dan orang asing yang ke Indonesia," terang Tjahjo‎ di ‎Kantor Pemprov Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, Rabu (30/12/2015).

Tjahjo mengatakan, potensi ancaman dari negara luar bisa saja masuk ke Indonesia melalui Kepulauan Riau. Untuk itu semua pihak harus bekerjasama menangkal berbagai ancaman.

"Indonesia itu masuk wilayah strategis Jihad selain di Timur Tengah. Bahkan Jihad di Poso itu ternyata pintu masuknya dari Kepulauan Riau. Untuk itu koordinasi harus dijaga dengan solid bersama matra TNI, Kepolisian dan BIN," sambung politisi PDIP itu.

Dia juga berpesan agar Penjabat Gubernur harus bersinergi dengan kepolisian, TNI, BIN untuk menjaga dan mendeteksi dini masuknya penyusup ke Indonesia.


(YDH)