AP Berencana Bangun Gardu Induk Baru untuk Bandara Soekarno-Hatta

Farhan Dwitama    •    Jumat, 17 Feb 2017 17:07 WIB
bandara
AP Berencana Bangun Gardu Induk Baru untuk Bandara Soekarno-Hatta
Suasana di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, MTVN - Farhan Dwi

Metrotvnews.com, Tangerang: PT Angkasa Pura II berencana membangun gardu induk baru untuk Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang, Banten. Rencana itu bertujuan menangani gangguan jaringan listrik di bandara internasional tersebut.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, menerangkan gardu baru direncanakan bertegangan 150 KV dan kapasitasn 2 x 60 MVA.

Pembangunannya dilaksanakan PT Waskita Karya Tbk. Nilai investasinya mencapai Rp233 miliar dan pembangunannya ditargetkan rampung pada 2018.

Menurut Awaluddin, pembangunan gardu merupakan sinergi antara Angkasa Pura dengan PT PLN. Sinergi ini akan ditingkatkan dalam hal penyediaan pasokan utama listrik melalui Gardu Induk Khusus dan JIAC 1, 2, 3, dan 4 nantinya berperan sebagai back up, sehingga akan membuat sistem kelistrikan di bandara andal, serta dapat cepat melakukan antisipasi apabila ada gangguan.

“Pembangunan gardu induk khusus ini juga bertujuan untuk mendukung operasional Terminal 3, di mana ketika sudah beroperasi penuh dibutuhkan listrik hingga 30 MVA khusus untuk Terminal 3,” ungkap Muhammad Awaluddin, Jumat 17 Februari 2017

Peningkatan pelayanan lainnya, masing-masing terminal di Bandara Soekarno Hatta akan dilengkapi main power station (MPS) untuk mempermudah pengaturan arus pendistribusian kelistrikan di terminal-terminal. 

Saat ini baru terdapat satu MPS untuk mengatur pendistribusian listrik di seluruh kawasan bandara. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pembenahan kelistrikan melalui penerapan digitalisasi dengan mengimplementasikan sistem SCADA atau Supervisory Control and Data Acquisition. 

"SCADA memungkinkan kami untuk membangun satu tempat khusus sebagai pusat informasi dan pemantauan seluruh sistem kelistrikan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, sehingga kami dapat lebih cepat mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan serta menjalankan langkah kontingensi untuk menanggulangi gangguan,” terangnya. 

Berharap melalui pembangunan gardu induk ini, pembangunan main power station untuk masing-masing terminal, serta implementasi SCADA, maka PT Angkasa Pura optimistis sistem kelistrikan semakin handal untuk mendukung operasional dan peningkatan pelayanan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten.



(RRN)