Camat Diminta Buru Orang Buang Sampah Sembarangan

Muhammad Syawaluddin    •    Jumat, 18 Jan 2019 20:16 WIB
sampah
Camat Diminta Buru Orang Buang Sampah Sembarangan
Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, saat ditemui di rumah pribadinya, Jalan Amirullah, Kota Makassar, Jumat 18 Januari 2019, Medcom.id - Syawaluddin

Makassar: Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto atau Danny, mengatakan bahwa penegakan peraturan daerah (Perda) khususnya terkait kebersihan lingkungan sangat minim. Bahkan, bisa dikatakan tidak ada. 

"Nol penegakan Perda. Kita harus betul-betul berbenah untuk menegakkan Perda dan harus konsisten," kata Danny ditemui di rumah pribadinya, Jalan Amirullah, Jumat 18 Januari 2019.

Danny mengatakan, pada 2019, Pemkot akan menegakkan perda secara tegas. Ia juga memerintahkan camat untuk menindak sesuai aturan.

"Kami sudah suruh camat, cari orang yang membuang sampah pada tempatnya kami target lima dalam satu bulan," katanya lagi. 

Nantinya, hasil laporan camat tersebut akam ditindaklanjuti dengan menyiapkan penyidik Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang kemudian dimasukkan dipersidangan untuk menentukan denda sesuai dengan aturan atau perda Kota Makassar. 

"Kami sudah siapkan personelnya meskipun masih kurang. Dendanya, paling banyak itu Rp50 juta. Perdanya seperti itu," katanya. 

Sementara, Pengamat Pemerintah Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Andi Luhur Prianto, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Makassar harus serius menegakkan perda. Jangan hanya bermain pada tataran wacana saja. 

"Jangan terlalu lama bermain dalam wacana. Apalagi aturan itu sudah mendapat legalitas dan menjadi sebuah produk hukum," katanya. 

Pemerintah Kota Makassar selama ini lebih banyak mengancam tanpa adanya eksekusi, implementasi atau realisasi. Padahal, jika perda itu sudah dapat legalitas maka disosialisasikan setelah itu dieksekusi. 

(Muhammad Syawaluddin) 


(RRN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA