Tambah Rp15 Juta/Orang, Jemaah Abu Tours Bisa Umrah

Andi Aan Pranata    •    Jumat, 09 Mar 2018 18:31 WIB
penipuan
Tambah Rp15 Juta/Orang, Jemaah Abu Tours Bisa Umrah
Perwakilan mitra dan agen perusahaan umrah Abu Tours, memberi keterangan pers di Makassar

Makassar: Perusahaan travel umrah Abu Tours disebut segera memberangkatkan sekitar 3.200 orang ke Tanah Suci. Mereka yang masuk daftar tunggu merupakan jemaah yang menambah ongkos, sesuai maklumat yang dikeluarkan perusahaan beberapa waktu lalu.

Firdaus, perwakilan agen dan mitra Abu Tours mengatakan, sebagian jemaah sebenarnya telah mulai berangkat umrah sejak Februari lalu. Pada pekan ini, kembali diagendakan pemberangkatan 200 orang dari Makassar menuju Arab Saudi.

“Setiap pekan kita usahakan ada satu hingga dua kali penerbangan. Yang terdaftar sekarang dan siap diberangkatkan bertahap, ada sepuluh kloter,” kata Firdaus saat menggelar konferensi pers di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat 9 Maret 2018.

Firdaus mengatakan, mereka yang masuk daftar tunggu adalah jemaah yang memilih opsi ketiga dalam maklumat Abu Tours. Disebutkan, jemaah yang telah mendaftar dak tidak mengajak jemaah baru, wajib membayar tambahan ongkos Rp15 juta. 

Sedangkan dua opsi dalam maklumat tersebut, jemaah diminta merekrut jemaah baru agar mendapat keringanan dalam ongkos tambahan, yakni antara Rp6 juta hingga Rp10 juta.

“Jumlah daftar pemberangkatan akan terus bertambah, sembari kami menyesuaikan jadwal bersama maskapai dan Kedutaan Besar Arab Saudi,” ujar Firdaus.

Salah seorang jemaah Abu Tours asal Makassar, Amrullah mengaku telah menjalani umrah pada 22 Februari hingga 2 Maret 2018. Saat itu ada 400 jemaah yang terbang ke Tanah Suci. 

“Saya di sana selama sembilan hari. Kita dilayani cukup baik,” katanya.

Abu Tours tengah jadi sorotan usai dilaporkan karena batal memberangkatkan ribuan orang untuk umrah. Kasusnya sementara bergulir di Kepolisian Daerah Sulsel. Perusahaan diduga menggelapkan dana jemaah yang telah menyetorkan ongkos umrah dari awal.

“Penyidik masih mengumpulkan keterangan saksi-saksi. Bukan tidak mungkin, dalam waktu dekat akan ada yang ditetapkan sebagai tersangka,” kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani.



(ALB)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA