Perayaan Tahun Baru Imlek 2569

Altar dan Rupang Vihara Mulai Dibersihkan

Farhan Dwitama    •    Kamis, 08 Feb 2018 18:06 WIB
hari raya imlek
Altar dan Rupang Vihara Mulai Dibersihkan
Pekerja membersihkan altar dan Rupang Vihara Kwan In Thang, Pondok Cabe, Kota Tangerang Selatan, Kamis, 8 Februari 2018. Medcom.id/Farhan Dwitama

Tangerang: Vihara mulai berbenah diri menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2569. Seperti yang dilakukan penjaga Vihara Kwan In Thang di Pondok Cabek Udik, Pamulang, Tangerang Selatan.

Pekerja mulai membersihkan altar dan rupang yang berada di vihara. Amran, panitia perayaan Imlek di Vihara Kwan in Thang menerangkan, kegiatan mencuci atau membersihkan altar dan rupang bertujuan untuk membersihkan jiwa dan fikiran bagi warga Tionghoa yang akan melaksanakan ritual pergantian tahun baru.

“Ini bagian dari ritual yang tak terpisahkan dari perayaan Imlek, tujuannya untuk membersihkan jiwa dan fikiran bagi warga Tionghoa yang merayakan Imlek,” ucap Amran, Kamis, 8 Februari 2018.
 
Sebelum ritual membersihkan rupang, pihak Vihara terlebih dulu menggelar ritual membunyikan lonceng sebagai pertanda menyambut dewa Hok Tek Chingsin atau Dewa Bumi.

“Ritual ini dilaksanakan secara rutin setiap jelang perayaan imlek. Ritual ini juga menjadi barometer kesadaran warga Tionghoa dalam membersihkan diri sendiri,” terang dia.

Membersihkan rupang juga telah menjadi tradisi dari para leluhur. Ini sebagai bentuk suka cita menyambut tahun baru yang memiliki makna mendalam bagi keturunan Tioanghoa.

Pengelola menghabiskan waktu hingga sepuluh jam untuk membersihkan dan mencuci 15 rupang di Vihara Kwan In Thang. Ritual membersihkan dan mencuci rupang juga termasuk menyajikan bunga, buah dan Hio ke semua rupang yang ada.

Pengurus Vihara Kwan In Thang Tuti Amoy menambahkan, ritual cuci dan membersihkan patung dewa ini dilakukan ke patung Dewi Kwan Im, Boddhi Satyva, Dewa Kwan Kong atau Panglima  perang Wei Tho Phu Sha atau Dewa langit dan dewa-dewa lainnya.

“Dengan ritual ini kami berharap, warga Tionghoa memperoleh berkat dari para Dewa, terutama Dewi Kwan Im dan Des Kwan Ong,” terang Tuti Amoy.

 


(SUR)

KPK Dalami Dugaan Pencucian Uang Novanto

KPK Dalami Dugaan Pencucian Uang Novanto

1 day Ago

Saat ini proses persidangan masih fokus pada penyelesaian perkara korupsi KTP elektronik yang d…

BERITA LAINNYA