Modus Baru Selundupkan Sabu Dibalik Popok

Farhan Dwitama    •    Kamis, 05 Jul 2018 19:32 WIB
narkobasabu
Modus Baru Selundupkan Sabu Dibalik Popok
Bea Cukai Bandara Soetta ungkap penyelundupan sabu melalui popok di Bandara Soetta, Kamis 5 Juli 2018.

Tangerang: Modus baru penyelundupan sabu jaringan internasional diungkap Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta. Kali ini warga negara asal Vietnam berinisial B, tertangkap tangan menyelundupkan sabu dalam popok yang dia gunakan. 

Kepala kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta Erwin Situmorang mengungkapkan, adan kecendrungan negara seperti Vietnam dan Thailand dalam penyelundupan sabu ke Indonesia belakangan ini. 

“Ini sudah dua kali kami temukan, mereka membawa sabu dengan cara disembunyikan di dalam popok yang mereka pakai," kata Erwin Situmorang, di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Kamis, 5 Juli 2018. 

Menurut dia, bandar sabu sengaja menggunakan menuyuruh kurir menyelundupkan sabu dengan pola yang sama dengan kurir wanita. Yaitu, menyembunyikan sabu di dalam pembalut. 

Terungkapnya, penyelundupan itu lanjut Erwin lagi-lagi bermula dari kecurigaan petugas yang melihat pelaku berjalan dengan cara yang aneh. “Ketika diperiksa ternyata benar ada paket berisi 1 kilogram sabu didalam pembalut tersebut,” ucap dia. 

Dari pengungkapan itu, Erwin mengatakan ada perubahan ritme dan tren baru dalam penyelundupan narkotika yang sebelumnya adalah negara-negaara seperti Malaysia, Tiongkok, Taiwan, Ghana dan negara Afrika lainnya. Saat ini berkembang ke negara Vietnam dan Thailand.

"Jadi yang biasanya kami menganalisa lebih dalam tamu-tamu yang datang dari Ghana, Tiongkok, Malaysia, itu sekarang mau enggak mau menambahkan risiko orang-orang yang datang dari Vietnam dan Thailand," kata Erwin.

Diungkapkan, total pengungkapan penyelundupan narkotika jenis sabu pada periode April hingga Juni, terdapat 9 kilogram lebih sabu. Selain asal Vietnam dan Thailand, sabu berasal dari Malaysia, Tiongkok, Perancis, dan Jerman.

"Ini bantuan pengembangan juga dengan Polres Bandara Soetta, Mabes Polri dan Bea Cukai Pasar Baru," kata Erwin.



(ALB)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA