Menristekdikti Luncurkan Rangkaian Hakteknas di Makassar

Andi Aan Pranata    •    Jumat, 16 Jun 2017 20:43 WIB
hari teknologi nasional
Menristekdikti Luncurkan Rangkaian Hakteknas di Makassar
Menristekdikti M Nasir (baju putih) melihat pengoperasian converter kit yang diberikan pada nelayan di Pelabuhan Paotere Makassar, Sulsel. (Metrotvnews.com/Aan Pranata)

Metrotvnews.com, Makassar: Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir membuka rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Pelabuhan Paotere Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 16 Juni 2017. 

Hakteknas merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang diawali dengan penerbangan perdana pesawat terbang  N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung. Pada tahun ini puncak Hakteknas untuk pertama kali diselenggarakan di luar Jawa, dengan tema “Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan”. 

Menteri Nasir menyebut pemilihan Makassar berdasarkan sejumlah pertimbangan. Antara lain letak strategis Sulsel sebagai salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia, serta memiliki pelabuhan perikanan terbesar di kawasan timur.

“Sesuai dengan tema kita tahun ini yang berupaya mendorong terwujudnya visi Indonesia sebagai poros maritim dunia,” kata Nasir pada sambutannya.

Puncak peringatan Hakteknas ke-22 rencananya dipusatkan di kawasan reklamasi Center Point of Indonesia di Makassar, 10 Agustus mendatang. Hakteknas 2017 diperingati dengan sejumlah kegiatan di Makassar dan kota lain di Indonesia.

Di antaranya bakti teknologi, kegiatan ilmiah, pameran teknologi, talkshow, dan penganugerahan penghargaan di bidang ilmu pengetahuan.

“Diharapkan melalui peringatan ini, mampu mendorong peningkatan pemanfaatan teknologi pada kehidupan masyarakat. Sehingga berdampak pada kemajuan ekonomi yang berbasis teknologi,” ujar Nasir.

Di sela peluncuran rangkaian peringatan Haktenas, Menteri Nasir didampingi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan berupa 500 paket sembako dan 15 unit converter kit mesin perahu kepada nelayan Paotere. 


(SAN)