Ratusan Nelayan di Mimika Mengungsi

Antara    •    Jumat, 11 Aug 2017 10:12 WIB
bentrokan
Ratusan Nelayan di Mimika Mengungsi
Ilustrasi tawuran, MTVN

Metrotvnews.com, Mimika: Ratusan nelayan meninggalkan kampung mereka di Kawasan Paumako, Kabupaten Mimika, Papua. Kini mereka mengungsi di Sekretariat Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKJB).  

Ketua KKJB Mimika Pardjono di Timika mengatakan sebanyak 248 nelayan mengungsi setelah bentrokan terjadi di Kawasan Paumako pada Rabu malam 9 Agustus 2017. Mereka berasal dari Pulau Jawa, Maluku, Sulawesi, dan Sumatera.

Baca: Bentrok Antar Nelayan Pecah di Mimika, Satu Orang Tewas
http://news.metrotvnews.com/daerah/0KvGy7wN-bentrok-antar-nelayan-pecah-di-mimika-satu-orang-tewas

Pardjono mengatakan TNI mengungsikan mereka dari Paumako menuju KKJB yang berlokasi di Jalan Budi Utomo ujung, Kelurahan Kamoro Jaya. Namun masih ada nelayan yang belum diungsikan dan masih bertahan di Pelabuhan Paumako.

"Sekitar 15 orang lagi masih berada di PPI Paumako. Kami tidak bisa jemput mereka karena situasinya belum benar-benar kondusif," kata Pardjono, Jumat 11 Agustus 2017.

Dari pengakuan nelayan, lanjut Pardjono, bentrokan bermula dari masalah perebutan lahan pencarian ikan di perairan Mimika. Bentrokan berujung seorang nelayan, Thei Cikatem, meninggal terkena peluru dari aparat.

Para nelayan yang mengungsi di KKJB mengaku mereka harus membayar upeti Rp100 ribu setiap bulan pada oknum. Penyetoran uang dilakukan sejak 2015. Uang itu bertujuan untuk mengamankan barang-barang milik nelayan.

Kasus itu terungkap saat enam kepala kampung pemilik hak ulayat bertemu. Mereka keberatan dengan pungutan tersebut. Mereka lalu meminta tak lagi adasetoran upeti.

"Sudah ada kesepakatan dengan enam kepala kampung bahwa setiap kapal wajib menyetor Rp300 ribu kepada kepala kampung, bukan lagi kepada oknum AC. Mungkin karena jengkel, dia (AC) memprovokasi warganya sehingga terjadilah bentrok dengan nelayan non-Papua," tutur Pardjono.



(RRN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA