Penumpang Asal Sorong Merokok dalam Pesawat

Andi Aan Pranata    •    Rabu, 27 Sep 2017 19:59 WIB
pesawatrokok
Penumpang Asal Sorong Merokok dalam Pesawat
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Makassar: Bahar Muhammad, 46, kedapatan merokok dalam pesawat Batik Air yang terbang dari Sorong, Papua, menuju Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 27 September 2017. Dia `ngudut` di dalam toilet.

Ulah nekat Bahar berlangsung sekitar pukul 15.10 WITA, atau satu jam setelah pesawat bernomor penerbangan ID-6195 meninggalkan Bandara Domine Eduard Osok Sorong. Pria yang berprofesi nelayan itu langsung diciduk tim Aviation Security (Avsec) begitu pesawat mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Sulsel Kombes Dicky Sondani mengungkapkan, saat di pesawat Bahar dilaporkan meninggalkan kursi menuju toilet. Tidak lama berselang, sistem pendeteksi asap menyala. Ia kemudian ketahuan merokok di dalam toilet.

“Saat mengetahui si penumpang merokok, pramugari langsung menegurnya. Dan yang bersangkutan langsung ditangkap petugas keamanan bandara saat pesawat mendarat,” kata Dicky di Makassar, Rabu 27 September 2017.

Bahar sempat diinterogasi petugas Avsec Bandara Hasanuddin sebelum akhirnya dilepaskan. Dengan catatan, dia menandatangani pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya.

“Dia iseng merokok saat buang air di dalam toilet pesawat. Dia mengaku tidak tahu ada larangan,” ujar Dicky.



Dari penyelidikan petugas keamanan, Dicky diketahui beralamat di desa Kapaleo kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara. Dia menumpang pesawat ke Makassar untuk mengunjungi mertuanya di daerah Kariango kabupaten Maros, Sulsel.

Merokok di dalam pesawat tergolong perbuatan yang membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan. Perbuatan ini melanggar Pasal 54 Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Hukumannya penjara maksimal lima tahun atau denda Rp2,5 miliar.



(ALB)

KPK Tunggu Pemberitahuan Praperadilan Fredrich

KPK Tunggu Pemberitahuan Praperadilan Fredrich

5 hours Ago

Hingga kini KPK masih fokus menuntaskan proses penyidikan kasus merintangi perkara korupsi KTP-…

BERITA LAINNYA