BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Layanan dengan Mobil Keliling

Antara    •    Senin, 18 Jan 2016 13:29 WIB
Berita BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Layanan dengan Mobil Keliling
Petugas memberikan penjelasan kepada seorang warga di Mobil Keliling BPJS Ketenagakerjaan -- ANT/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Palu: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Palu kini menggunakan mobil operasional keliling guna memperluas jangkauan pelayanan. Hal tersebut seiring dengan makin tingginya minat tenaga kerja mengetahui manfaat maupun mendapatakan pelayanan kepesertaan.

"Mobil operasional keliling ini sering parkir di pusat-pusat perbelanjaan, pasar tradisional, alun-alun kota, mall, dan tempat lain yang banyak dikunjungi warga. Dari mobil ini, masyarakat bisa memperoleh informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan, mendaftarkan diri sebagai peserta, membayar iuran, maupun mengajukan klaim," jelas Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu Zulkarnain Nasution di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (14/1/2016).

Tahun 2016, lanjut Zulkarnain, pihaknya akan semakin gencar melakukan pengenalan BPJS Ketenagakerjaan menggunakan mobil keliling. Tidak hanya di Kota Palu, tetapi juga di kabupaten lainnya yang membutuhkan mobil untuk pelayanan.

"Kami berharap dengan mobil operasional keliling ini makin banyak masyarakat mengenal dan memahami program BPJS Ketenagakerjaan, dan tentunya terdorong untuk menjadi peserta," ujar Zulkarnain.

BPJS Ketenagakerjaan pada 2016 akan fokus menjangkau tenaga kerja informal (bukan penerima upah-BPU), seperti nelayan, tukang ojek, pedagang pasar, petugas kebersihan, dan warung makan yang banyak beroperasi di Palu.

"Mobil operasional keliling BPJS Ketenagakerjaan ini dapat menjangkau daerah yang jauh dari ibu kota. Armada tersebut telah dilengkapi dengan jaringan yang memadai untuk akses pelayanan kepada peserta," ujar Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu Arfiani.

Saat ini, BPJS Ketenagakerjaan menjalankan empat program, yakni Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Pensiun sesuai amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011. Keempat program tersebut wajib dilaksanakan semua pemberi kerja dan sifatnya pilihan bagi pekerja mandiri atau informal.

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu kini melayani 45 ribu peserta aktif dari 2.600 perusahaan se-Sulawesi Tengah.


(NIN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA