Gunung Agung Berstatus Awas

Raiza Andini    •    Jumat, 22 Sep 2017 20:05 WIB
gunung berapierupsi gunung
Gunung Agung Berstatus Awas
Aktivitas Gunung Agung meningkat. Foto: MTVN/Raiza Andini

Metrotvnews.com, Karangasem: Intensitas aktivitas vulkanik dan tektonik Gunung Agung meningkat tajam. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status Gunung Agung dari siaga menjadi awas.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kasbani memaparkan, intensitas gempa Gunung Agung meningkat.

"Hari ini peningkatannya cukup luar biasa kegempaannya, gempa-gempa vulkanik tinggi maka dengan ini kami sampaikan bahwa kita menjngkatkan statusnya dari siaga level III menjadi awas level IV," ungkap Kasbani di Pos Pantau Gunung Agung, Desa Rendang, Karangasem, Jumat 22 September 2017.

Radius zona bahaya yang sebelumnya 6-7.5 kilometer ditingkatkan. Kini warga tidak boleh beraktivitas di jarak 9 kilometer dari puncak Gunung Agung.

"Jadi daerah itu harus segera dikosongkan dan harus dievakuasi jika masih ada penduduk di sana," tambahnya.

Berdasarkan data dari PVMBG per tanggal 22 September 2017 sejak pukul 06.00-18.00 WITA tercatat ada 30 gempa vulkanik dangkal, dan 185 gempa vulkanim dalam serta 56 gempa vulkanik tektonik lokal.

Secara visual gunung Agung berkabut 0-1 hingga kabur 0-III angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat dengan suhu udara 20-28 derajat celcius dengan kelembaban udara 86-88 pesen.

Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 50 m di atas puncak kawah.


(SUR)