Ahli Waris CalonTKI Menerima Manfaat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

Farhan Dwitama    •    Selasa, 15 Aug 2017 15:05 WIB
bpjs ketenagakerjaan
Ahli Waris CalonTKI Menerima Manfaat Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto memberika santunan kepada ahli waris calon TKI yang meninggal -- MTVN/Farhan Dwitama

Metrotvnews.com, Tangerang: Duka mendalam masih dirasakan Iwan Sunaryo yang kehilangan istrinya, Eni Purwanti. Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) itu meninggal pada 9 Agustus 2017 saat sedang mengurus proses keberangkatannya ke Taiwan.

Menurut Iwan, istrinya empat tahun lalu pernah bekerja sebagai TKW di Malaysia. Tahun ini, Eni hendak kembali bekerja di luar negeri untuk memperoleh penghasilan lebih.

Beruntung, Eni sempat mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan Kota Tangerang pada 1 Agustus 2017. Sehingga, keluarga Eni berhak atas uang santunan senilai Rp85 juta.

"Kami ucapkan duka cita mendalam kepada keluarga almarhum ibu Eni Purwanti. Keluarga almarhumah kami berikan jaminan santunan dan beasiswa pendidikan bagi putrinya yang saat ini masih SMA," kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Suanto di kantor cabang BPJS Kota Tangerang, Selasa 15 Agustus 2017.

Agus menjelaskan, ada banyak manfaat yang bisa diterima oleh TKI peserta BPJS ketenagakerjaan. "Ini adalah bentuk kehadiran negara, kita memastikan hak-hak ahli waris dapat diterima dengan baik," tegas dia.

TKI yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan hanya perlu membayar premi sebesar Rp370 ribu yang berlaku untuk dua program, yaitu jaminan kecelakaan kerja dan kematian. Pertanggungan selama 31 bulan.

"Sejak dibuka di awal Agustus 2017, sudah 22.000 TKI telah terdaftar," ucap dia.


(NIN)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA