Pesisir Sulsel Diprediksi Dilanda Hujan Hingga Akhir Pekan

Andi Aan Pranata    •    Kamis, 08 Feb 2018 16:05 WIB
cuaca buruk
Pesisir Sulsel Diprediksi Dilanda Hujan Hingga Akhir Pekan
Ilustrasi cuaca buruk. Foto: Antara/M Adimaja

Makassar: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat terjadi di sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan. Cuaca buruk diperkirakan berlangsung hingga Minggu, 11 Februari 2018.

Kepala Bidang Sub Pelayanan Jasa BMKG IV Makassar Siswanto mengatakan, hujan akan turun merata di wilayah Sulsel pada puncak musim hujan. Namun konsentrasi akan lebih banyak di wilayah pesisir bagian barat.

Selain Makassar, wilayah ini meliputi kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Pinrang, Sidrap, Enrekang, Soppeng, dan kota Parepare. "Intensitas hujan dari tingkat sedang hingga lebat. Sedangkan di laut khususnya di Selat Makassar bagian selatan, ketinggian gelombang masih berkisar antara 1,25-2,5 meter," kata Siswanto melalui keterangan tertulis yang diterima Kamis, 8 Februari.

Siswanto mengimbau masyarakat berhati-hati. Hujan lebat berpotensi menghasilkan sejumlah dampak seperti banjir dan tanah longsor. Gelombang laut yang tinggi bisa membahayakan pelayaran.

"Untuk itu bagi masyarakat pengguna jasa transportasi laut agar berhati-hati," kata Siswanto.

Sejauh ini belum ada laporan bencana akibat cuaca buruk terjadi beberapa hari terakhir di Makassar. Dampak hujan yang paling terasa adalah tersendatnya arus lalu lintas, akibat genangan air di sejumlah titik jalan.


(SUR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA