Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi Memprihatinkan

M Studio    •    Sabtu, 15 Oct 2016 09:24 WIB
berita dpr
Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi Memprihatinkan
Anggota Komisi X DPR RI Dwita Ria Gunadi (Foto:Dok.DPR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondisi Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi memprihatinkan. Diperlukan banyak perbaikan agar layak menjadi ikon Kota Jambi.

Menurut Anggota Komisi X DPR RI Dwita Ria Gunadi, perpustakaan Provinsi Jambi terkendala dana APBD sekitar Rp3 triliun. Dana tersebut masih harus dibagi lagi ke beberpa kabupaten.

"Kami di Komisi X akan mendorong pembangunan fisik maupun non fisik  yang dibutuhkan perpustakaan ini. Tapi untuk sementara dimaksimalkan terlebih dahulu yang ada. Coba dibuat program agar menarik pengunjung, apalagi lokasinya dekat dengan kampus dan sekolah," ujar Dwita Ria Gunadi, saat mengunjungi Perpustakaan Provinsi Jambi, Jumat (14/10/2016).

Akses menuju lokasi perpustakaan dinilai kuranng memadai. Jalannya kecil, sehingga jika rombongan pengunjung datang menggunakan bus besar tidak akan bisa masuk. Menurut Dwi, perlu ada relokasi tempat. Politikus F-Gerindra itu heran, untuk selevel perpustakaan provinsi harusnya sudah punya e-library.

"Kita mengharapkan setelah selesainya bangunan Perpustakaan Nasional di Jalan Merdeka, pemerintah pusat bisa membangun gedung baru di sini. Jika seandainya RUU Sisbuk sudah disahkan, yang pasti perhatian terhadap perpustakaan di daerah lebih baik," ujar politikus Dapil Lampung II itu sambil menerima masukan tentang RUU Sisbuk.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Provinsi Jambi, Syamsurizal mengakui, akses menuju perpustakaan sulit karena lokasinya agak masuk ke dalam.

"Dulu pernah ada rencana akan dibangun gedung 6 lantai di daerah Citra. Tapi entah kenapa akhirnya senyap, tidak ada tindak lanjutnya. Mungkin karena kemampuan APBD yang minim," kata Syamsurizal.


(ROS)