Masa Transisi Pemulihan Longsor Lutim Enam Bulan

Andi Aan Pranata    •    Kamis, 18 May 2017 15:49 WIB
longsor
Masa Transisi Pemulihan Longsor Lutim Enam Bulan
Rumah warga diterjang banjir bandang dan longsor di Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat, (12/5). (Antara/Str)

Metrotvnews.com, Makassar: Setelah enam hari berjalan, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, resmi menghentikan masa tanggap daruat bencana tanah longsor, pada Kamis, 18 Mei 2017.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Luwu Timur Muhammad Zabur mengatakan, selanjutnya ditetapkan masa transisi pemulihan selama enam bulan. Pada masa tersebut difokuskan upaya pemulihan lokasi yang terdampak longsoran.

Baca: Usai Longsor, Luwu Timur Tanggap Darurat Bencana Tujuh Hari

"Pada masa transisi kita rekonstruksi bangunan dan fasilitas umum lain yang rusak berat. Namun rencana detail baru akan kita tentukan usai rapat evaluasi sore ini," kata Zabur melalui telepon.

Bencana tanah longsor melanda Desa Maliwowo, kecamatan Angkona Luwu Timur, pada Jumat 12 Mei. Tujuh orang tewas, tujuh lainnya luka-luka. BPBD mencatat 18 rumah rusak, lima di antaranya rusak parah.

Zabur mengungkapkan, pada masa pemulihan, diupayakan agar sarana prasarana vital serta kegiatan sosial ekonomi masyarakat segera berfungsi. Untuk rumah yang terdampak, akan lebih dulu dikaji rencana perbaikannya.

"Apakah harus dibangun ulang atau tidak. Yang mau bangun ulang di daerah lain, apakah punya tanah atau tidak. Yang pasti pemerintah bantu fasilitasi," ujar Zabur.

Baca: Longsor di Luwu Timur, 7 Orang Tewas

Sejauh ini para korban longsor disebut masih mengungsi di rumah kerabat terdekat. Beragam bantuan telah didistribusikan untuk mereka, terutama keperluan pangan. Usai masa tanggap darurat berakhir, posko terpadu juga akan ditutup.

"Beberapa hari terakhir jalan raya yang melintasi kawasan terdampak longsor sudah bisa dilalui secara normal," Zabur menambahkan.


(SAN)

KPK Periksa Adik Andi Narogong

KPK Periksa Adik Andi Narogong

50 minutes Ago

Vidi akan diperiksa untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo.

BERITA LAINNYA