Besok, Dishub Manado Razia Kapal Penumpang Manado-Bunaken

Mulyadi Pontororing    •    Senin, 17 Apr 2017 17:06 WIB
penyeberangan
Besok, Dishub Manado Razia Kapal Penumpang Manado-Bunaken
Ilustrasi: Sejumlah kapal motor antar pulau wisata bersandar di pelabuhan penyebrangan, kota Manado, Sulawesi Utara. (Ant/Irfan Sunandar)

Metrotvnews.com, Manado: Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara, melalui Dinas Perhubungan, bakal menggelar razia kapal-kapal penumpang berkapasitas di bawah tujuh ton. Razia dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan transportasi laut.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan M Sofyan, saat dikonfirmasi mengakatan, pihaknya hanya merazia pada kapal yang di bawah perizinan Dishub Manado. Yakni, kapal dengan kapasitas maksimal 15 orang penumpang.

Sementara, kapal-kapal penumpang yang kapasitasnya di atas tujuh ton, kewenangannya ada di provinsi dan pihak Syahbandar. Rencananya, kata dia, razia digelar esok, Selasa, 18 April.

Sofyan mengatakan razia dilakukan sebagai antisipasi insiden seperti di Gresik, Jawa Timur. Razia meliputi kelengkapan alat-alat keamanan penumpang dan lainnya.

Meski akan merazia, Sofyan mengaku tidak tahu pasti jumlah kapal yang berada di bawah dinasnya. "Kalau itu (jumlah kapal) yang mengetahui secara pasti kepala bidang di situ. Tapi beliau masih cuti Paskah," kata Sofyan, Senin 17 April 2017.

Sofyan juga mengaku sempat melakukan razia beberapa minggu lalu di pelabuhan Manado-Bunaken. Namun tak ada temuan pelanggaran dalam razia itu.

"Rata-rata mereka melengkapi standar keamanan. Namun kami akan melihat lagi dan mendata kembali mana kapal-kapal yang masuk perizinan Pemkot Manado," imbuhnya.


(SAN)