Semarak Nusantara Bersatu di Sorong

Andre Raunsay    •    Rabu, 30 Nov 2016 09:34 WIB
nkri
Semarak Nusantara Bersatu di Sorong
Tarian adat salah satu suku di Sorong, Papua Barat dalam acara Nusantara Bersatu di halaman kantor bupati setempat, Rabu (30/11/2016). (Metrotvnews.com/Andre Rausanay)

Metrotvnews.com, Sorong: Kemeriahan acara Nusantara Bersatu juga dirasakan masyarakat Sorong, Rabu 30 November. Ratusan orang berkumpul di alaman kantor bupati Jalan Sorong Km 24, Klamono, Papua Barat.  

Acara diikuti masyarakat adat, pelajar, serta tokoh-tokoh masyarakat dan forum komunikasi pimpinan daerah Sorong. (Baca: Nusantara Bersatu untuk Sejukkan Indonesia)

Sebagai warna keberagaman Indonesia ditampilkan tarian adat asli Papua. Tarian menggambarkan persatuan dan kesatuan serta menjaga toleransi umat beragama.

Kegiatan dirangkai dengan sejumlah orasi yang seluruhnya menyerukan persatuan dan kesatuan Indonesia. "Perangi para oknum provokator yang ingin dengan sengaja memecah belah persatuan dan kedamaian di Indonesia hanya untuk kepentingan individu," kata plt Bupati Sorong Musa Kamudi.

Turut hadir dalam kegiatan Kapolres Sorong AKBP Moch Rudhy Prasetya; Kasrem 171/PVT Kol Inf Dian Sundiana; dan Wandanlantamal XIIV Kolonel Laut Endang Pariyo. Para siswa dari berbagai sekolah juga turut memeriahkan acara ini.

Baca: Nusantara Bersatu Juga Digelar di Jayapura

Acara Nusantara Bersatu digagas oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Gagasan itu lantas diwujudkan oleh berbagai elemen masyarakat sebagai bentuk cinta tanah air dan persatuan Indonesia. Acara ini berlangsung hampir di seluruh provinsi di antero Indonesia.


(SAN)