Jaksa Agung Dukung Pembentukan Densus Tipikor

Andi Aan Pranata    •    Selasa, 10 Oct 2017 15:57 WIB
densus tipikor
Jaksa Agung Dukung Pembentukan Densus Tipikor
Jaksa Agung HM Prasetyo. MTVN/Andi

Metrotvnews.com, Makassar: Jaksa Agung HM Prasetyo mengungkapkan dukungannya terhadap rencana Polri membentuk detasemen khusus tindak pidana korupsi. Langkah itu dianggap sebagai upaya yang baik dalam penegakan hukum. 

"Kita apresiasi. Sebab kita lihat faktanya korupsi semakin masif," kata Prasetyo usai menjadi pembicara utama pada kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Selas 10 Oktober 2017. 

Baca: Dana Operasional Densus Tipikor Setara KPK

Prasetyo memandang bahwa penanganan dan pencegahan kasus korupsi tidak efektif jika hanya mengandalkan satu lembaga. Sebab terkadang tenaga yang ada terbatas untuk dapat menjangkau semua lini. Adanya pembentukan lembaga baru diharapkan bisa menekan potensi perbuatan korupsi.

"Kalau dengan itu (pembentukan densus tipikor) pemberantasan korupsi lebih intensif, itu kan bagus," ujarnya.

Meski demikian, Jaksa Agung mengingatkan bahwa setiap lembaga memiliki peran masing-masing. Dalam hal penanganan kasus korupsi, polisi melalui densus hanya berwenang menyidik. Adapun tindak lanjut ada di tangan kejaksaan, melalui jaksa penuntut umum.

"Kami mengapresiasi, tapi bukan berarti hendak membaur. Masing-masing punya lembaga dan peran. Tentunya kejaksaan tetap mengacu pada hukum acara kita," Prasetyo melanjutkan.

Baca: Pembentukan Densus Tipikor Jangan Membenturkan Kewenangan Antar-Penegak Hukum

Diketahui Polri berencana membentuk densus tipikor, tang punya kewenangan sebanding KPK. Densus tersebut ditargetkan mulai beroperasi pada tahun 2018.





(ALB)