Biak Perdana Terapkan Perizinan Online di Papua

Antara    •    Selasa, 17 Apr 2018 11:51 WIB
pelayanan publik
Biak Perdana Terapkan Perizinan Online di Papua
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi

Biak: Kabupaten Biak Numfor menjadi daerah pertama di Papua yang menerapkan layanan publik perizinan teritegrasi nasional dengan aplikasi "Sicantik Cloud". Biak selangkah di depan 29 kabupaten/kota lain dalam menerapkan sistem perizinan daring.

"Hanya Biak mendapatkan kesempatan langsung menyediakan pelayanan perizinan aplikasi 'Sicantik Cloud' dari Kementerian Komunikasi dan Informatika," ungkap Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Papua Elias Wenda di Biak, Selasa, 17 April 2018.

Minat investor luar negeri untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Biak Numfor diharapkan semakin terpancing dengan penerapan layanan publik yang terintegrasi secara online di pusat. Perizinan akan lebih cepat, hemat waktu, transparan dan efektif karena pemohon perizinan usaha tidak perlu lagi harus datang ke Kantor Dinas Penamanan Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

"Saya harapkan dengan layanan 'Sicantik Cloud' mampu memberikan kepastian hukum dan percepatan penerbitan permohonan izin usaha dari pelaku usaha kecil mikro dan investor luar negeri," kata Elias Wenda.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Biak Hery Mulyana. Dia mengakui aplikasi "Sicantik Cloud" akan memangkas prosedur permohonan perizinan.

"Jika syarat permohonan perizinan dikeluarkan dinas terkait sudah lengkap, maka proses perizinannya bisa kelar dalam jangka waktu lima menit," tegasnya.

Jajaran Pemkab Biak Numfor berkomitmen meningkatkan perbaikan pelayanan publik yang cepat dan murah. Berdasarkan data hingga tahun anggaran 2018 pelayanan terpadu satu pintu Kabupaten Biak Numfor melibatkan 18 organisasi perangkat daerah di lingkup Pemkab Biak Numfor.


(SUR)