Belasan Alat Berat Bersihkan Wilayah Petobo

Antara    •    Kamis, 01 Nov 2018 17:02 WIB
Gempa Donggala
Belasan Alat Berat Bersihkan Wilayah Petobo
Alat berat membersihkan sisa bangunan dan meratakannya dengan tanah di area bekas gempa dan pencairan tanah (likuifaksi) di Kelurahan Petobo, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (31/10/2018). ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah.

Palu: Sekitar 15 unit alat berat diperbantukan untuk membersihkan lokasi terdampak likuefaksi di Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

"Kegiatan pembersihan ini sudah berjalan dua hari dan saat ini wilayah Perumnas Balaroa sudah selesai dibersihkan, Sekarang giliran Petobo," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu Presly Tampubolon di Palu, Kamis, 1 November 2018.

Kegiatan pembersihan lokasi terdampak likuefaksi merupakan tindak lanjut agenda kerja penanggulangan bencana masa transisi darurat menuju pemulihan dan rekonstruksi.

Pembersihan fokus pada puing-puing dan reruntuhan bangunan. Kegiatan tersebut melibatkan warga dan Prajurit TNI Batalyon Zeni Tempur 8/Sakti Mandra Guna (Yonzipur 8/SMG) Kodam XIV/Hasanuddin dan Yonzipur 17/Ananta Dharma Kodam VI/Mulawarman, bersama unsur lainnya yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad).

Presly menjelaskan, pembersihan daerah terdampak likuefaksi akan dilakukan hingga Desember 2018 sesuai waktu masa transisi darurat yang ditetapkan pemerintah, di mana areal hamparan yang akan diratakan seluas dua kilometer persegi.

"Jika prosesnya cepat selesai akan lebih baik dan tidak menutup kemungkinan dalam kegiatan itu ada proses evakuasi karena masih banyak korban tertimbun lumpur di sana," jelas Presly.


(DEN)