Bencana Palu dan Donggala

Membaca, Kegiatan Anak di Posko Pengungsian

Surya Perkasa    •    Minggu, 07 Oct 2018 09:32 WIB
Gempa Donggala
Membaca, Kegiatan Anak di Posko Pengungsian
Nurul dan Adelia, anak-anak korban bencana di Palu, membaca buku di posko pengungsian, Minggu, 7 Oktober 2018, Medcom.id - Surya

Palu: Empat tenda ukuran besar terpasang di tengah lahan kosong dikelilingi semak belukar. Tak jauh dari lokasi yang sama, tiga tenda berukuran besar dari terpal juga terlihat berdiri.

Beberapa pria dan wanita terlihat lalu lalang membawa bahan makanan dan logistik bantuan. Sebagian besar pengungsi yang masih tinggal di tenda terlihat duduk berbincang atau mengipasi diri dengan potongan kardus.

Ada pemandangan yang menarik. Dua anak terlihat membaca sebuah buku dongeng ditemani orang tuanya.

Adelia dan Nurul membaca buku dongeng bergambar yang bercerita tentang hikayat rimba. Perhatian mereka tetap dicuri buku teraebut walau Medcom.id menyapa. Adelia dan Nurul hanya tersenyum sebentar dan lanjut membaca.

"Kalau sudah begini, susah diajak berbicara, Mas," kata sang ibu, Nini, saat di tenda pengungsian Desa Layana Tua, Kecamatan Mantikulore, Palu, Sulawesi Tengah.

Adelia yang sudah duduk di Sekolah Dasar sudah fasih membaca. Sedangkan sang teman lebih tertarik melihat gambar-gambar yang ada di buku dongeng.

Alexio, bocah setempat yang bermain ke tenda pengungsian sesekali ikut melirik ke buku dongeng. Namun, dia langsung berlari menuju rombongan tim relawan yang membawa bantuan berupa susu dan biskuit.

"Kita di sini sulit. Bantuan baru masuk dua sejak Jumat (5 Oktober 2018). Itu pun cuma dua karton air mineral dan beras 10 kilogram. Disini ada 200an pengungsi," kata Tati, salah satu pria yang menjaga pengungsi di tempatnya itu.

Dia hanya bersyukur. Anak-anak pengungsi sudah bisa tersenyum. Sebab, beberapa di antara mereka ada yang kehilangan keluarga.

 


(RRN)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

36 minutes Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA