Selain Hujan, Banjir di Gowa Juga Karena Bendungan

   •    Rabu, 23 Jan 2019 16:25 WIB
banjirtanah longsor
Selain Hujan, Banjir di Gowa Juga Karena Bendungan
Petugas berupaya mengevakuasi warga di wilayah terdampak banjir di Gowa, Sulawesi Selatan. (Foto: MI/Lina Herlina)

Jakarta: Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyebut selain intensitas hujan yang tinggi banjir di Kabupaten Gowa juga diakibatkan oleh pembukaan pintu air bendungan Biliblili. Volume air yang mencapai 101,87 cm dari 103 cm ketinggian maksimal membuat pintu air bendungan harus dibuka.

"Maksimal ketinggiannya hanya 103 cm dan kemarin sudah mencapai 101,87 cm sehingga kebijakan yang diambil memang harus membuka pintu air agar tidak mencapai volume maksimal," ujarnya melalui sambungan telepon dalam Headline News Metro TV, Rabu, 23 Januari 2019.

Adnan mengakui pembukaan pintu air menyebabkan empat kecamatan di Kabupaten Gowa terendam. Wilayah paling terdampak didominasi oleh bagian hilir dengan ketinggian air yang mencapai 1-2 meter.

Ia mengatakan banjir di Gowa sebelumnya telah diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dua hari sebelumnya. Hujan dengan intensitas tinggi yang berturut-turut terjadi selama dua hari terakhir diperparah dengan ketinggian air bendungan.

"Begitu dibuka pintu-pintu air itu tentu yang terdampak adalah wilayah hilir dari bendungan," kata dia.

Tak cuma banjir, ungkap Adnan, Kabupaten Gowa juga menghadapi bencana longsor terutama di empat kecamatan lain selain bencana banjir. Hingga saat ini pihaknya telah menyediakan 14 titik pengungsian dengan jumlah total pengungsi mencapai 2.121 jiwa.

"Untuk sementara korban jiwa sampai hari ini ada enam orang dan jumlah ini diprediksi akan bertambah karena di empat kecamatan yang lain teridentifikasi ada yang menjadi korban longsor. Pagi tadi kami sudah kirim tim ke lokasi," pungkasnya.




(MEL)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA