Bea Cukai Banten Sita Puluhan Ribu Botol Miras

Farhan Dwitama    •    Senin, 18 Dec 2017 13:44 WIB
mirasbea cukairokok ilegal
Bea Cukai Banten Sita Puluhan Ribu Botol Miras
Kanwil Bea dan Cukai Banten saat merilis hasil Operasi Ampadan II pada Oktober-Desember 2017 -- medcom.id/Farhan Dwitama

Tangerang: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor wilayah Banten menyita puluhan ribu botol minuman keras (miras) dan rokok ilegal. Barang tanpa pita cukai resmi tersebut disita saat Operasi Patuh Ampadan II pada Oktober-November 2017.

"Operasi ini dalam rangka optimalisasi penerimaan di bidang cukai, maka diperlukan peningkatan pengawasan terhadap pabrik minuman beralkohol dan peredaran barang kena cukai ilegal berupa rokok," kata Kepala Kanwil Bea dan Cukai Banten Decy Arifinsjah di kantornya, BSD, Tangerang Selatan, Banten, Senin, 18 Desember 2017.

Operasi tersebut, lanjut Decy, juga untuk meningkatkan kepatuhan pengusaha barang kena cukai. Sekaligus membersihkan atau menekan peredaran barang kena cukai ilegal.

"Dari hasil penindakan tersebut, 29.803 botol miras, 236.600 batang rokok ilegal, dan 18.800 liter ethyl alkohol dengan nilai Rp2,36 miliar dan potensi kerugian negara Rp1,1 miliar," rinci Decy.

Menurut Decy, pihaknya juga menyita satu truk, dua minibus, uang hasil penjualan minuman beralkohol, serta peralatan dan bahan untuk membuat minuman beralkohol. "Terdapat tiga pelanggaran, tidak ada cukai, cukai palsu dan cukai bukan yang diperuntukkan," lanjutnya.

Sebanyak empat orang ditetapkan sebagai tersangka. Mereka diancam dengan Undang-undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai.


(NIN)