Pembangunan PLTSa Jatibarang Dimulai Pada 2018

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 10 Oct 2017 15:36 WIB
berita dpd
Pembangunan PLTSa Jatibarang Dimulai Pada 2018
Anggota Komite II DPD kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Foto: dok DPD

Metrotvnews.com, Jakarta: Komite II DPD kunjungan kerja ke Semarang, Jawa Tengah, untuk meninjau dan mengawasi implementasi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Komite II memandang persoalan sampah tidak pernah tuntas.

Melalui kunjungan kerja ini, anggota Komite II ingin mengetahui langsung kendala yang dihadapi pemerintah daerah dalam menjalankan UU tersebut. Sehingga, Komite II bisa menindaklanjuti persoalan sampah yang dihadapi bersama kementerian/lembaga terkait.

“Kami sangat berharap adanya masukan-masukan yang sangat diperlukan bagi perbaikan kebijakan pemerintah di sektor pengelolaan sampah,” kata Ketua Komite II Parlindungan Purba dalam keterangan tertulis, Selasa 10 Oktober 2017.

Komite II DPD mendapatkan penjelasan bahwa  Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah bekerja sama dengan Pemerintah Denmark untuk mengolah sampah menjadi energi. Kerja sama dalam bentuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang rencanannya dimulai pada Agustus-September 2018 di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang.

“PLTSa Jatibarang ini direncanakan menghasilkan 1,3 megawatt listrik, serta memiliki nilai investasi melalui dana hibah Pemerintah Denmark sebesar Rp49,5 miliar,” ujar Parlindungan.

Anggota DPD dari Provinsi Jawa Tengah Denty Eka Widi Pratiwi mengatakan, memang perlu keterlibatan pemerintah pusat dan daerah untuk mencari solusi tentang pengelolaan sampah.

“Soal sampah kita bisa membicarakan di mana hulunya. Kalau kita lihat sampah itu masalah, tapi ketika jika sudah diubah sampah menjadi energi itu bisa menjadi potenai bagi kita,” tegas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G. Rahayu berharap kunjungan anggota Komite II ini memberikan masukan dan saran bagi Kota Semarang terkait pengelolaan sampah.


(TRK)

Lebih dari 20 Orang Terima Uang dari Setya Novanto

Lebih dari 20 Orang Terima Uang dari Setya Novanto

18 minutes Ago

Sidang perdana kasus ktp-el dengan terdakwa Setya Novanto kembali digelar setelah sebelumnya di…

BERITA LAINNYA