Penculik Bocah Asal Argentina Diserahkan ke Kedubes

Andi Aan Pranata    •    Kamis, 15 Feb 2018 17:32 WIB
anak hilang
Penculik Bocah Asal Argentina Diserahkan ke Kedubes
Jorge Gabriel Langone (istimewa)

Makassar: Jorge Gabriel Langone, penculik yang tak lain ayah kandung bocah Argentina Alum Langone Valus, diterbangkan dari Makassar, Sulawesi Selatan ke Jakarta, Kamis, 15 Februari 2018. Pria berusia 41 tahun itu rencananya diserahkan Kantor Imigrasi Kelas I Makassar kepada Kedutaan Besar Argentina untuk dikembalikan ke negara asalnya.

Jorge diterbangkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, sekitar pukul 9.41 Wita dengan pesawat komersil. Dia didampingi sejumlah petugas Imigrasi.

Turut bersamanya, Candela Soledad Gutierrez, wanita yang selama ini menemani Jorge dalam perjalanan membawa kabur bocah Alum.

“Dia kami serahkan kepada Kedubes Argentina untuk dibawa pulang ke negaranya. Sedangkan sang anak sudah lebih dulu diserahkan ke ibunya di Argentina,” kata Kepala Imigrasi Kelas I Makassar Andi Pallawarukka, melalui telepon, Kamis, 15 Februari.

Sebelumnya Jorge ditemukan membawa bocah Alum di Tana Toraja, Sulsel, pada 6 Februari lalu. Itu merupakan akhir pelariannya usai membawa kabur sang anak selama tujuh bulan dan berpindah-pindah negara. Alum yang masih berusia tujuh tahun diketahui di bawah hak asuh ibunya di Argentina.

Berdasarkan interogasi kepolisian, Jorge masuk ke Indonesia melalui pintu Batam, Kepulauan Riau. Mereka menempuh perjalanan ilegal tanpa pasor dan visa. Sebelum ke Indonesia, pria itu sempat singgah di sejumlah negara seperti Bolivia, Brasil, Malaysia, dan Singapura.

Sebelum dipulangkan dari Makassar, Jorge sempat kedapatan mencoba bunuh diri. Dia pun sempat menjalani perawatan di rumah sakit.

“Dia berusaha melukai lengan dengan memakai pecahan botol pemberian anaknya. Kemungkinan dia tidak ingin kembali ke Argentina, sehingga berusaha bunuh diri,” ujar Pallawarukka.


(ALB)