Adu Gagasan Belum Mengemuka di Pilgub Sulsel

Andi Aan Pranata    •    Rabu, 15 Nov 2017 17:56 WIB
pilkada 2018
Adu Gagasan Belum Mengemuka di Pilgub Sulsel
ilustrasi Metrotvnews.com

Makassar: Sejumlah kandidat mulai memastikan tiket menuju Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2018. Namun sejauh ini kontestasi dianggap masih sepi dari pertarungan konsep dan politik gagasan.

Dosen ilmu politik Universitas Muhammadiyah Makassar Luhur A Priyanto mengatakan, Pilgub Sulsel masih didominasi isu perebutan dukungan partai politik. Namun kandidat jarang menyuarakan tawaran gagasan dan ide seputar pembangunan daerah. Padahal, uji gagasan penting untuk menggambarkan profil sang calon di mata publik pemilih.

"Gagasan idealnya menjadi pembeda kandidat. Dan sebaiknya arah kontestasi kita menuju pada pembangunan Sulsel," kata Luhur kepada Metrotvnews.com di Makassar, Rabu 15 November 2017.

Dari jalur parpol, setidaknya ada tiga kandidat bakal calon gubernur Sulsel. Pasangan Nurdin Abdullah - Aziz Qahhar Mudzakkar diusung Partai Golkar, NasDem, PKPI, PKB, dan Hanura. Nurdin Abdullah - Andi Sudirman Sulaiman beroleh tiket dari PDIP, Gerindra, PKS, dan PAN. Sedangkan Ichsan Yasin Limpo - Andi Mudzakkar didukung Partai Demokrat dan PPP.

Luhur menilai, masyarakat Sulsel sudah bisa mementukan kandidat pilihannya meski defisit konsep dan gagasan. Sebab hal itu bisa ditutupi dengan melihat rekam jejak masing-masing kandidat yang umumnya punya pengalaman sebagai kepala daerah dan politikus.

Dari daftar kandidat, sebagian besar memang berpengalaman sebagai bupati. Ichsan Yasin Limpo misalnya, dua periode memimpin kabupaten Gowa. Begitu pun dengan Nurdin Abdullah di Bantaeng. Andi Mudzakkar tengah menjabat bupati di Luwu. Sedangkan Nurdin Halid malang-melintang memegang berbagai posisi penting di Golkar.

"Saat ini, kekurangan dan kelebihan kandidat akan lebih banyak mendapat porsi eksplorasi di masyarakat, ketimbang visi masa depan yang hendak dicapai," ujar Luhur.

Lebih lanjut, Luhur beranggapan bahwa minimnya adu gagasan tidak bakal mempengaruhi tingkat partisipasi publik di Pilgub Sulsel. Sebab masyarakat disebut punya banyak pertimbangan dalam menentukan sikap. Antara lain ketokohan dan popularitas kandidat.

"Di beberapa survei, telah terpotret angka undiceded voters semakin berkurang. Yang artinya pemilih pada umumnya sudah menentukan pilihan untuk langgam Pilgub 2018," Luhur melanjutkan.


(ALB)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

57 minutes Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA