Tujuh Warga Filipina Dideportasi dari Manado

Mulyadi Pontororing    •    Kamis, 28 Dec 2017 11:16 WIB
deportasi
Tujuh Warga Filipina Dideportasi dari Manado
Sebanyak tujuh warga Filipina dideportasi dari Manado ke Manila melalui Bandara Soekarno-Hatta -- medcom.id/Mulyadi Pontororing

Manado: Sebanyak tujuh warga Filipina dideportasi dari Manado ke Manila melalui Bandara Soekarno-Hatta. Warga Filipina yang dideportasi, tiga di antaranya adalah mantan narapidana Lapas Bitung yang tersangkut kasus penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia.

"Adapun empat lainnya hasil pengawasan Kantor Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Bitung pada Desember 2016 dan diserahkan ke Kanim Bitung pada 20 Desember 2017," kata Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) Sulawesi Utara Dodi Karnida di Manado, Kamis, 28 Desember 2017.

Menurut Dodi, tujuh warga Filipina itu akan diberangkatkan ke Mamila menggunakan pesawat Cebu Pasific. "Mereka biasanya akan dijemput petugas dari Kementerian Sosial Filipina untuk kemudian dipulangkan ke daerahnya masing-masing," lanjutnya.

Sebelumnya, kata Dodi, Polsek Essang Selatan memberangkatkan 11 warga Filipina pada 15 Desember 2017. Mereka terdampar di Desa Batumbalango, Kecamatan Essang Selatan, Kabupaten Kepualauan Talaud setelah kapal penangkap ikan yang mereka gunakan dihantam badai.

"Sebenarnya akan lebih efisien jika mereka dideportasi dari Talaud langsung ke Filipina. Namun, karena perahu mereka rusak parah dan tidak dapat diperbaiki, maka selesai diperiksa mereka akan dideportasi ke Manila dari Manado melalui Bandara Soekarno-Hatta," pungkas Dodi.


(NIN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA