Adik Mentan Bakal Mendampingi Nurdin Abdullah di Pilgub Sulsel

Andi Aan Pranata    •    Rabu, 11 Oct 2017 18:06 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Adik Mentan Bakal Mendampingi Nurdin Abdullah di Pilgub Sulsel
Kandidat Wakil Gubernur Sulsel Sudirman Sulaiman. Foto: MTVN/Andi Aan Pranata

Metrotvnews.com, Makassar: Sudirman Sulaiman, adik Menteri Pertanian Amran Sulaiman, memastikan turut bertarung di pemilihan gubernur Sulawesi Selatan tahun 2018.  Pengusaha ini bakal mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur bagi Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah.

"Ini adalah panggilan hati nurani untuk bekerja bagi kemaslahatan orang banyak. Kita mau menggali sejauh mana bisa berkontribusi kepada daerah," kata Sudirman saat menggelar silaturahmi dengan kalangan wartawan di Makassar, Sulsel Rabu 11 Oktober 2017.

Sudirman tertarik berpartisipasi di pilgub usai 'dilamar' Nurdin Abdullah. Dengan bupati dua periode, dia merasa punya visi yang sama untuk membangun Sulsel lima tahun ke depan. Calon pasangannya itu juga dianggap sebagai pemimpin ideal, karena tidak punya hasrat kekuasaan.

Sudirman menilai keberhasilan Nurdin Abdullah memimpin Bantaeng selama ini sebagai nilai plus. Kabupaten tersebut dalam sepuluh tahun terakhir tumbuh menjadi salah satu daerah maju di Sulsel. Perubahan drastis terjadi di berbagai bidang. Terutama dalam penyediaan infrastruktur hingga ke pelosok.

"Jika orang lain yang mengajak, pasti saya tidak mau. Tapi saya melihat pak prof (Professor Nurdin Abdullah) punya tekad yang terbaik untuk memajukan daerah. Minimal harapan saya, kami bisa bersama membangun semua daerah di Sulsel seperti Bantaeng," ujarnya.

Jika kelak ditakdirkan jadi pemimpin Sulsel, Sudirman mengaku tidak ingin muluk-muluk. Sebagai wakil, dia hanya ingin menjalankan tugasnya sebagai eksekutor. Sedangkan pembuat keputusan diserahkan penuh kepada pasangannya.

"Saya sesuai bidang, dari kalangan profesional, bukan politik. Nanti prof yang atur, saya tinggal eksekusi," kata Sudirman.

Sebelumnya Nurdin Abdullah melontarkan rencana deklarasi pencalonan diri sebagai bakal calon gubernur pada 22 Oktober. Rencana itu menyusul kepastian soal dukungan dari sejumlah partai politik pengusung.

(Klik: Nurdin Abdullah Klaim Genggam 16 Kursi Parlemen Sulsel)

Nurdin mengatakan, sejauh ini sudah ada tiga partai yang secara lisan telah menyatakan dukungan. Masing-masing Gerindra, pemegang 11 kursi di parlemen provinsi, PDIP (5 kursi), dan PKS (6 kursi). Dengan jumlah tersebut, syarat pencalonan jalur parpol berupa 17 kursi parlemen provinsi bakal terpenuhi.

“Alhamdulillah dalam beberapa momen terakhir beberapa partai sudah menyatakan sikap mendukung kita. Kabarnya rekomendasi diserahkan dalam dua-tiga hari ke depan,” ujar Nurdin Selasa lalu.

Jelang Pilgub Sulsel, baru satu pasangan kandidat yang memastikan tiket lewat jalur parpol. Partai Golkar, NasDem, PPP dan PKPI berkoalisi mengusung Ketua Harian DPP Golkar Nurdin Halid, berpasangan dengan senator DPD RI Aziz Qahhar Mudzakkar.

Pasangan lain yang disebut-sebut sebagai kandidat adalah wakil gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang dan legislator DPR Aliyah Mustika, serta mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo, berpasangan Bupati Luwu Andi Mudzakkar.

(Baca: Tiket Parpol Pilgub Sulsel Tinggal 36 Persen)
 


(SUR)