Pilih Ridwan Kamil, Surya Paloh Dinilai Ambil Langkah Tepat

Laela Badriyah    •    Senin, 20 Mar 2017 14:10 WIB
pilkada 2018
Pilih Ridwan Kamil, Surya Paloh Dinilai Ambil Langkah Tepat
Politikus asal Sulawesi Tengah, Abdul Rachman Thaha, dok: Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Dukungan Partai NasDem kepada Ridwan Kamil sebagai kandidat calon gubernur Jawa Barat mendapat apresiasi. Pemilihan wali Kota Bandung, Jawa Barat, itu pun dianggap merepresentasikan kemunculan generasi muda sebagai pemimpin bangsa.

Hal itu disampaikan tokoh pemuda asal Sulawesi Tengah, Abdul Rachman Thaha. Abdul Rachman menganggap pilihan Ketua Umum Surya Paloh terhadap Ridwan Kamil adalah langkah yang tepat.

"Saya salut dan bangga pada Surya Paloh secara pribadi. Beliau berpikir realistis dan negarawan dengan meminang Ridwan Kamil," kata Abdul Rachman dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Senin 20 Maret 2017.

Abdul Rachman merupakan politikus yang pernah terpilih sebagai Ketua DPW PPP Sulawesi Tengah pada September 2015. Namun pada akhir 2016, Abdul Rachman menyatakan mundur dari jabatan tersebut.

Abdul Rachman berharap partai lain menjadikan langkah Surya Paloh itu sebagai hal yang positif. Tujuannya, menghadirkan tokoh-tokoh muda berprestasi sebagai pemimpin.


(Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh, MTVN - Roni Kurniawan)

Apalagi, kata politikus muda ini, Surya Paloh membuat beberapa kesepakatan dengan Ridwan Kamil. Abdul Rachman menganggap kesepakatan itu sebagai hal yang realistis.

Baca: Tiga Kesepakatan Surya Paloh-Ridwan Kamil

Abdul Rachman menyebutkan tiga kesepakatan itu yaitu Ridwan Kamil harus menjadikan Jabar sebagai benteng Pancasila bila terpilih sebagai gubernur dalam Pilkada 2018.

Kedua, lanjut Abdul Rachman, Ridwan Kamil harus menjadi milik seluruh masyarakat dan partai politik. Lantaran itu, Surya Paloh meminta Ridwan Kamil tak bergabung dengan partai lain, termasuk NasDem.

Kemudian kesepakatan ketiga yaitu, sebagai Gubernur Jabar, Ridwan Kamil harus bisa memberi pemahaman pada masyarakat tentang pembangunan nasional serta mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Kesepakatan itu tentunya memberikan jalan agar pemerintahan berlangsung baik," ungkap Abdul Rachman.

Ridwan Kamil merupakan kandidat pertama yang menyatakan deklarasi maju sebagai bakal calon gubernur Jabar dalam Pilkada 2018. Deklarasi berlangsung di kawasan di Monumen Bandung Lautan Api (Tegalega), Bandung, pada Minggu 19 Maret 2017. 

Baca: Surya Paloh Deklarasikan Ridwan Kamil sebagai Cagub Jabar

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh hadir dalam deklarasi itu. Surya Paloh juga yang meminta NasDem untuk turut mendukung pemenangan Ridwan Kamil.

NasDem menyatakan maju dalam Pilkada Jabar 2018. NasDem memiliki lima kursi di DPRD Jabar. Modal itu terbilang kecil sebab KPU menetapkan partai dapat mengusung calon sendiri bila memiliki 20 kursi di DPRD Jabar. Lantaran itu NasDem membuka pintu komunikasi untuk berkoalisasi dengan partai lain.



(RRN)

Sandi Ajak Warga Minang di DKI Gabung OK OCE

Sandi Ajak Warga Minang di DKI Gabung OK OCE

10 hours Ago

pihaknya bakal mengajak asosiasi para pedagang pasar untuk bergerak bersama menciptakan ekonomi…

BERITA LAINNYA