Besok, Ribuan Personel Amankan Gawai Dayak Pontianak

Agung Widura    •    Jumat, 19 May 2017 19:15 WIB
polri
Besok, Ribuan Personel Amankan Gawai Dayak Pontianak
Polisi bersiaga mengawal pengamanan gawai dayak di Pontianak, MTVN - Agung Widura

Metrotvnews.com Pontianak: Sebanyak 2.900 personel gabungan TNI dan Polri mengikuti apel persiapan pengamanan Gawai Dayak XXXII di Pontianak, Kalimantan Barat. Apel berlangsung di depan Taman Alun-Alun Kapuas, Jalan Rahadi Oesman, Jumat sore 19 Mei 2017.

Kapolresta Pontianak Kombes iwan Imam Susilo memimpin apel. Hadir pula Dandim 1207/BS Kolonel Infanteri Jacky Ariestanto dan Wali Kota Pontianak Sutarmidji.


(Brimob dalam apel pengamanan gawai dayak di Pontianak, MTVN - Agung Widura)

Kapolresta mengatakan para personel bertugas mengantisipasi gerakan yang dapat mengganggu kegiatan adat tahunan itu pada Sabtu 20 Mei 2017. Di saat bersamaan, sekelompok massa menggelar aksi damai di Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

Namun ia tetap meminta seluruh warga menjaga kondusifitas Kota Pontianak. "Kami pastikan Kota Pontianak aman," kata Kapolresta usai memimpin apel.

Seluruh personel disebar ke beberapa lokasi. Sebagian personel dilengkapi dengan senjata api. Pengamanan juga melibatkan sejumlah kendaraan taktis di antaranya barakuda, watercanon, dan kendaraan bermotor Pasukan Huru Hara.


(Polisi mengikuti apel pengamanan gawai dayak di Pontianak, MTVN - Agung Widura)

"Untuk titik krusial kita akan telah melakukan tempatkan anggota mulai dari kegiatan pawai dayak kemudian jalur-jalur pawai dayak akan dilaksanakan mulai dari tanggal 20 mei hingga 27 mei mendatang dan termasuk aksi damai di masjid Mujahidin dan jalur-jalur yang dilewati oleh kelompok massa lainnya", katanya.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak Sutarmidji, mempersilakan sekelompok massa yang ingin menyuarakan pendapatnya di muka umum. Tapi ia meminta peserta aksi menaati aturan.

"Yang penting tidak berujung pada hal-hal yang tidakdiinginkan," kata Sutarmidji.


(RRN)