Karyawan Laporkan Empat Perusahaan Kurang Bayar THR

Farhan Dwitama    •    Senin, 11 Jun 2018 15:33 WIB
tunjangan hari raya
Karyawan Laporkan Empat Perusahaan Kurang Bayar THR
Ilustrasi uang, Medcom.id - M Rizal

Tangerang: Posko Tunjangan Hari Raya Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Selatan, Banten, mendapat empat laporan kurang bayar THR. Pihaknya memastikan perusahaan wajib membayarkan penuh THR sesuai ketentuan yang telah disebarkan.

Sekertaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel Yanti Sari menerangkan, dari empat perusahaan yang karyawannya melapor itu, adalah pekerja di bidang usaha jasa properti, perbengkelan dan cleaning service

“Jadi ada kurang bayar THR sehingga mereka melapor ke kami, total ada 4 perusahaan. Ada yang baru 25 persen,” kata Yanti, Senin 11 Juni 2018. 

Pihaknya mengaku langsung menindaklanjuti laporan tersebut. Yanti langsung mendatangi perusahaan.

"Semua perusahaan yang terlapor ada yang kami panggil dan ada yang tim monitoring datang," jelas Yanti.

Setiap perusahaan di Kota Tangsel wajib memberikan uang THR kepada karyawannya paling lambat sepekan sebelum lebaran. Bila terjadi masalah, pekerja dapat melapor ke Posko Pengaduan THR di Kantor Disnaker Tangsel di Jalan Raya Melati Mas Blok O Nomor 01-03 Kelurahan Jelupang, Kecamatan Serpong Utara.

Ketentuan pemberian THR telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 06 Tahun 2016 tentang THR. Adapun regulasi lokal telah tertuang dalam Surat Edaran Nomor: 568/442-Disnaker tentang Pembayaran THR Keagamaan.


(RRN)