Pemprov Sulsel Jual14 Ribu Paket Sembako Harga Subsidi

Andi Aan Pranata    •    Senin, 04 Jun 2018 17:12 WIB
ramadan
Pemprov Sulsel Jual14 Ribu Paket Sembako Harga Subsidi
Penjabat Gubernur Sulsel Sumarsono (kiri) usai membuka pasar murah Ramadan yang digelar Pemprov di Makassar

Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan membuka pasar murah Ramadan bertema ‘Peduli Rakyat’, di Gedung Kartini jalan Masjid Raya Makassar, Senin 4 Juni 2018. Pasar tersebut menyediakan aneka barang kebutuhan pokok bagi masyarakat yang dijual dengan harga miring.

Pasar murah dibuka serentak pada limat titik perkampungan masyarakat miskin di kota Makassar, serta lima titik lain di kabupaten/kota se-Sulsel. Barang kebutuhan bersubsidi disediakan melalui kerja sama Dinas Perdagangan Provinsi dengan perbankan, BUMN, produsen, distributor, dan perusahaan retail. 

Pasar rencananya dibuka selama beberapa hari ke depan. Penjabat Gubernur Sulsel Sumarsono menganggap pasar murah barang kebutuhan pokok sangat penting dan strategis karena digelar pada bulan Ramadan yang penuh berkah.

“Selain itu juga momentum mendekatkan Pemprov Sulsel bersama stakeholder dalam membantu meringankan beban masyarakat, dalam memenuhi kebutuhan pokoknya selama bulan Ramadhan dan menjelang Idulfitri,” kata Sumarsono saat membuka pasar tersebut Senin siang.

Pada pasar murah Ramadan kali ini, panitia menyiapkan 14.700 paket barang kebutuhan pokok. Sebanyak 6.500 di antaranya dibagikan di Makassar, sedangkan 8.200 sisanya disebar di lima kabupaten/kota.

Setiap paket barang masing-masing berisikan 2 kilogram beras, 3 kg gula pasir, 2 kg terigu. Ditambah 2 liter minyak goreng, mentega, biskuit, serta susu kental manis. Paket dijual Rp50 ribu dari harga normal Rp141 ribu per paket.

Soni -sapaan Sumarsono- memastikan pasar murah ini berbeda dengan operasi pasar. Pada operasi pasar, tujuan utamanya adalah mengendalikan harga pangan yang tidak stabil.

“Ini pasar murah dalam rangka Ramadan, untuk menolong masyarakat,” ujarnya.

Pemprov Sulsel memastikan stok maupun harga barang kebutuhan pokok di daerah masih stabil selama Ramadan dan menjelang Idulfitri. Bahan pangan dinilai masih terjangkau oleh daya beli masyarakat, meski terjadi fluktuasi harga yang insidentil di beberapa daerah tertentu.



(RRN)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

9 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA