Akhiri Konflik, Warga Maluku Serahkan Senjata & Bom Rakitan

Hamdi Jempot    •    Sabtu, 15 Oct 2016 09:53 WIB
kesepakatan damai
Akhiri Konflik, Warga Maluku Serahkan Senjata & Bom Rakitan
Warga Desa Negeri Mamala dan Morella, Kabupaten Maluku Tengah, menyerahkan senjata ke aparat TNI dan Polri di perbatasan kedua desa. Foto: MI/Hamdi Jempot

Metrotvnews.com, Ambon: Warga Desa Negeri Mamala dan Morella Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, sepakat berdamai dan menyerahkan seluruh senjata dan bom rakitan ke TNI dan Polri, Sabtu 15 Oktober 2016.

Penyerahan senjata itu berlangsung di perbatasan kedua desa dan disaksikan Danramil 1504/ 05 Leihitu, Lettu Inf. Ruhiat, Kapolsek Leihitu AKP M. Syarif, aparat Satgas Yonif 731 Kabaresi Kodam 16 Pattimura, dan Brimob Polda Maluku. Hadir pula tokoh masyarakat dan tokoh agama dari kedua desa.

"Barang berbahaya ini diserahkan warga secara sukarela, tanpa paksaan dari pihak mana pun," kata perwakilan Desa Negeri Mamala, Ismail Malawat.

Penyerahan senjata itu merupakan rangkaian dari hasil perdamaian antara kedua desa yang sudah digagas sejak Sabtu 23 Juli 2016. 

"Kami berharap penyerahan senjata ini menandani perdamaian di kedua desa. Tidak lagi ada saling curiga dan hidup berdampingan," katanya.

Ismail berharap model perdamaian ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain di Maluku yang sering berkonflik. 

"Saya berharap masyarakat yang masih menyimpan Senpi maupun barang berbahaya lainnya dapat menyerahkan ke aparat keamanan melalui kami. Agar tidak ada sanksi hukum di kemudian hari," ┬Łkatanya.

Lettu Inf. Ruhiat mengapresiasi niat baik warga kedua desa. "Ini membuktikan warga kedua desa ingin hidup damai," kata dia.

Kapolsek Leihutu AKP M. Syarif menjamin tidak akan menghukum warga yang menyerahkan senpi secara sukarela. "Tapi, kalau saat razia ada yang masih menyimpan senjata, akan kami tindak tegas," ujarnya.

Warga Desa Negeri Mamala dan Morella terlibat konflik lima tahun terakhir. Konflik dipicu berbagai masalah, terutama terkait tapal batas. Sepanjang konflik banyak warga meninggal dunia dan terluka, termasuk rumah terbakar dari kedua belah pihak.
(UWA)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA