Penderita DBD di Sulut Bertambah

Mulyadi Pontororing    •    Jumat, 25 Jan 2019 15:28 WIB
demam berdarah
Penderita DBD di Sulut Bertambah
ilustrasi Medcom.id

Manado: Angka penderita penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Sulawesi Utara bertambah. Hingga Jumat, 25 Januari 2019 jumlah penderita DBD mecapai 868 kasus. Jumlah itu meningkat 96 kasus dalam sepekan dengan kematian mencapai 12 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Steaven Dandel mengatakan dari 868 kasus itu 500 penderita telah dinyatakan sembuh. Sisa 181 pasien yang sementara dirawat intensif.

Menurut dia pihaknya terus memantau perkembangan DBD. Salah satunya dengan membuka posko DBD di 15 kabupaten/kota, rumah sakit dan puskesmas.

"Fasilitas kesehatan ini di bawah pengawasan dokter spesialis di antaranya spesialis anak dan penyakit dalam untuk memonitor keadaan pasien pasien yang ada di RSUD/RS swasta," terang Steaven, Jumat, 25 Januari 2019, di Manado.

Selain dokter spesialis, lanjut Steaven, pihaknya juga menyiapkan ambulance di seluruh kabupaten/kota untuk melayani 1x24 jam terhadap pasien rujukan namun terkendala mobilitasnya.

"Sistem rujukan darurat diberlakukan mengingat  pasien harus mendapat penanganan yang cepat dan tepat," ujarnya.

Meski jumlah penderita terus meningkat, namun Steaven mengaku belum ada penetapan KLB di wilayah Sulut. Sebab menurutnya, KLB ditetapkan jika jumlah kematian penderita sudah melewati angka 50 persen dari jumlah kematian tahun sebelumnya.

"Kalau dilihat angka kematian di tiga tahun belakangan belum masuk kategori KLB.  2017 sebanyak sembilan orang dan pada 2018 mengalami peningkatan sebanyak 24 orang meninggal," bebernya.


(ALB)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA