Dua Faktor Penyebab Stadion Barombong Makassar Roboh

Andi Aan Pranata    •    Senin, 04 Dec 2017 13:52 WIB
bangunan ambruk
Dua Faktor Penyebab Stadion Barombong Makassar Roboh
Proyek pembangunan Stadion Barombong Makassar. Foto: Medcom.id/ANDI AAN PRANATA

Makassar: Konsultan Pengawas proyek pembangunan Stadion Barombong Makassar, Sulawesi Selatan PT Kanta Karya Abadi menduga dua faktor penyebab robohnya dua segmen di tribun selatan stadion pada Sabtu 2 Desember 2017. Akibat kesalahan teknis atau cuaca ekstrem.

Diketahui dua segmen bangunan tribun lantai tiga bagian selatan Stadion Barombong roboh saat proses pengecoran pembuatan tempat duduk. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun pekerjaan dihentikan untuk sementara waktu.

Koordinator PT Kanta Karya Abadi Suwarto mengungkapkan, diduga terjadi kesalahan teknis dalam pemasangan scaffolding atau penyangga material. Pemasangannya kemungkinan tidak sempurna, karena sambungan antar penyangga tidak rapat. Hal itu menyebabkan defleksi atau penyimpangan bentuk.

"Untuk faktor teknis, terjadi defleksi antara skofolding ketika menerima beban di atasnya," kata Suwarto melalui keterangan resmi yang diterima di Makassar, Senin 4 Desember 2017.

(Baca: Bangunan Tribun Stadion Barombong Roboh)

Lebih lanjut, Suwarto menjelaskan, defleksi pergeseran penyangga tersebut bisa jadi diakibatkan cuaca ekstrem. Saat pengecoran, bangunan diguyur hujan terus menerus. Diduga, dudukan bawah penyangga meleset karena media basah akibat guyuran hujan.

"Guyuran hujan mempengaruhi kualitas bahan cetakan," ujarnya.

Pengawas proyek memastikan tidak ada korban akibat tribun stadion roboh. Saat kejadian Sabtu petang, pekerja baru saja melakukan pengecoran di area tribun selatan. Mereka menepi di daerah aman sembari menunggu material beton untuk pengerjaan segmen selanjutnya.

"Sekitar pukul 17.15 WITA beton yang belum sempurna terisi di area segmen as 54 dan as 55 runtuh. Keruntuhan segmen yang baru dicor, menarik segmen di sebelahnya ikut runtuh. Saat kejadian, semua pekerja di wilayah aman," jelas Suwarto.

Stadion Barombong dibangun Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di kawasan Tanjung Bunga, kecamatan Tamalate Makassar. Proyek ini mulai dikerjakan sejak tahun 2011. Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Muhlis Mallajareng menyebut pembangunan stadion telah menelan anggaran senilai Rp160 miliar, dari total kebutuhan Rp202 miliar. Proyek ditargetkan selesai tahun depan.

Muhlis memastikan pengerjaan proyek tetap berjalan normal. Pelaksana proyek, kata dia, berkomitmen dan berupaya maksimal menyelesaikan pengerjaan sesuai tenggat waktu.

"Kejadian ini pembelajaran bagi kita semua agar lebih berhati-hati," kata Muhlis.


(SUR)

Aziz Pastikan Langkahnya Gantikan Novanto di DPR

Aziz Pastikan Langkahnya Gantikan Novanto di DPR

19 minutes Ago

Aziz mengungkapkan tidak ada satupun pasal di UU MD3 dan Tata tertib DPR RI yang mewajibkan leg…

BERITA LAINNYA