Komisi VIII DPR Desak Kemenag Segera Bentuk BPKH

Anggitondi Martaon    •    Selasa, 18 Oct 2016 13:54 WIB
berita dpr
Komisi VIII DPR Desak Kemenag Segera Bentuk BPKH
Ilustrasi calon haji (Foto:Antara/Mohamad Hamzah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi VIII DPR RI H. Anda, SE, MM, mendesak Kementerian Agama segera membentuk Badan Pengelolan Keuangan Haji (BPKH). Pembentukan tersebut terkandung dalam amanat UU ‎nomor 34 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan  Haji.

"Maka pemerintah harus  konsisten melaksanakan amanat undang-undang yang sudah disahkan sejak tahun 2014 lalu," kata Anda, di Gedung DPR Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (18/10/2016).

Politikus Gerindra itu menjelaskan, ‎dalam pasal 58 disebutkan, pembentukan BPKH paling lambat satu tahun setelah UU disahkan. Namun, hingga saat ini pembentukan BPKH belum juga dilaksanakan semenjak disahkan pada tahun 2014.

"Seharusnya pemerintah segera membentuk BPKH agar pengelolaan keuangan haji dapat lebih transparan, lebih akuntabel, terkelola dengan baik, serta tidak menimbulkan lagi masalah," ungkap dia.

Selain itu, anggota dewan dari dapil Banten itu menyebutkan, pembentukan BPKH dapat  meringankan beban Kemenag. Dengan membentuk BPKH juga bertujuan meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji, rasionalitas dan efisiensi penggunaan BPIH yang sangat bermanfaat bagi kemaslahatan umat Islam.

Anda kembali mengingatkan pemerintah agar tidak lalai melaksanakan amanat UU. Pemerintah diminta untuk segera membentuk BPKH. "Sekiranya pemerintah tidak sesegera mungkin membentuk BPKH, maka wajar saja   jika publik dan khususnya kami bertanya-tanya, ada apa sehingga pemerintah tidak punya niatan sama sekali untuk segera membentuk badan tersebut," ujar dia.


(ROS)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA