KPK Garap Marcus Mekeng

Arga sumantri    •    Kamis, 11 Jan 2018 11:34 WIB
korupsi e-ktp
KPK Garap Marcus Mekeng
Melchias Marcus Mekeng - ANT/Widodo J Susuf

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Anggota DPR Fraksi Golkar Melchias Marcus Mekeng. Dia akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus korupsi KTP-elektronik. 

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka MN (politikus Golkar Markus Nari)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis, 11 Januari 2018.

Marcus Mekeng memenuhi panggilan KPK. Ia tiba di Gedung KPK sekitar pukul 10.00 WIB. Mekeng ogah berkomentar dan memilih langsung masuk ke ruang penyidik.  

Ini merupakan panggilan kedua untuk Marcus sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari. Panggilan sebelumnya dilayangkan pada 3 Januari, namun Marcus tak hadir dan minta dijadwal ulang. 

Dalam kasus korupsi megaproyek KTP-el, Mekeng, pernah menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk sejumlah tersangka. Yakni mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto, Andi Agustinus alias Andi Narogong, maupun Setya Novanto.

Kala itu, jadwal pemeriksaan terhadap Marcus Mekeng berbarengan dengan pemeriksaan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Namun, Ganjar juga batal hadir dan berkirim surat ke KPK kalau dirinya ada tugas kedinasan yang tak bisa diwakilkan. 

Nama Marcus Mekeng mencuat dalam dakwaan Irman dan Sugiharto. Di surat dakwaan, Mekeng disebut menerima uang panas KTP-el USD1,4 juta. Uang diterima dari Andi Narogong dalam kapasitasnya sebagai ketua Badan Anggaran DPR di masa itu.

KPK sudah menetapkan tujuh tersangka dalam kasus ini. Yakni Setya Novanto, Irman, Sugiharto, Andi Agustinus alias Andi Narogong, Markus Nari dan politikus Hanura Miryam S. Haryani.
 


(REN)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

14 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA