Eks Koruptor Wa Ode Nurhayati Ikut Pembahasan KTP-el

Juven Martua Sitompul    •    Jumat, 13 Jul 2018 15:28 WIB
korupsi e-ktp
Eks Koruptor Wa Ode Nurhayati Ikut Pembahasan KTP-el
Eks koruptor Wa Ode Nurhayati di Gedung KPK/Medcom.id/Juven

Jakarta: Mantan anggota DPR Wa Ode Nurhayati mengakui terlibat pembahasan penganggaran proyek pengadaan KTP berbasis elektronik (KTP-el). Nurhayati yang saat itu masih duduk di Komisi II DPR bahkan mengetahui poin-poin pembahasan megaproyek bernilai Rp5,8 triliun tersebut.

"Tahu. Ikut pembahasan (proyek KTP-el)," tegas Nurhayati usai diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 13 Juli 2018.

Nurhayati lebih banyak mengaku tidak tahu posisi Markus Nari di Komisi II. Dia beralasan, saat itu Markus Nari belum menjabat sebagai anggota Komisi II DPR.

"Jadi saya enggak banyak tahu posisi beliau," ucap dia.

Baca: Eks Terpidana Wa Ode Nurhayati Diperiksa KPK

Meski ikut dalam pembahasan, Nurhayati ngotot tidak tahu banyak soal bancakan uang korupsi KTP-el ke sejumlah anggota DPR RI. "Karena saya tahun 2011, 2010, sudah pindah dari Komisi II."

Nurhayati merupakan mantan terpidana kasus korupsi Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Tertinggal (DPPIDT). Dia dihukum enam tahun penjara dan bebas pada Agustus 2017.

Markus Nari ditetapkan sebagai tersangka karena diduga membantu memuluskan penambahan anggaran proyek KTP-el pada 2012 sebesar Rp1,49 triliun. Padahal, proyek milik Kementerian Dalam Negeri tersebut tengah berjalan.

Markus Nari diduga menerima imbalan Rp4 miliar. KPK masih melengkapi berkas penyidikan Markus Nari yang ditetapkan sebagai tersangka sejak pertengahan Juli 2017.


(OJE)