Mutasi Pejabat Tinggi Polri, Boy Rafli Jadi Kapolda Papua

Ilham wibowo    •    Selasa, 18 Apr 2017 17:03 WIB
polri
Mutasi Pejabat Tinggi Polri, Boy Rafli Jadi Kapolda Papua
Ilustrasi. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian memutasi sejumlah pejabat tinggi. Mutasi tertuang dalam surat telegram Kapolri dengan nomor ST/1034/IV/2007 tanggal 18 April 2017.
 
Informasi rotasi jabatan Polri ini dibenarkan Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul. Setidaknya ada 121 jabatan yang akan berganti kepemimpinan. "Iya benar, ada rotasi pejabat Polri," kata Martinus kepada wartawan, Selasa 18 April 2017.
 
Di antara pejabat yang dimutasi adalah Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar yang akan mengemban tugas baru sebagai Kapolda Papua menggantikan  Irjen Paulus Waterpauw.
 
Dalam surat itu, jabatan Boy sebagai Kadiv Humas Polri digantikan Wakabaintelkam Irjen Setyo Wasisto. Sementara Paulus dirotasi menjadi Wakabaintelkam menggantikan Setyo.
 
Rotasi perwira tinggi juga ditujukan kepada Sahlijemen Kapolri Irjen Imam Budi Supeno. Imam dimutasi sebagai Analisi Kebijakan Utama Bidang Akpol Lemdiklat Polri.
 
Sementara itu, Sahlijemen Kapolri diisi oleh Brigjen Yovianes Mahar yang sebelumnya menjabat Kapolda Bengkulu. Sedangkan, Karowabprof Divpropam Polri Brigjen Coki Manurung diangkat sebagai Kapolda Bengkulu.
 
Selain itu, rotasi juga terjadi di beberapa posisi stategis. Antara lain Kapolda Maluku Brigjen Ilham Salahudin diangkat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Polri. Sementara posisi Kapolda Maluku diisi oleh Irjen Deden Juhara yang saat ini menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Polri.
 
Jabatan Kapolda Maluku itu sendiri sengaja diisi oleh pangkat Irjen, mengingat saat ini status Polda Maluku ditingkatkan menjadi tipe A. Rotasi juga terjadi di kursi Kapolda Jambi Brigjen Yazid Fanani yang dimutasi ke BIN, sementara posisinya digantikan oleh Karobinkar Brigjen Priyo Widyanto.
 
Kemudian, Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar) Irjen Musyafak dimutasi sebagai Wakalemdiklat Polri menggantikan Irjen Ketut Untung Yoga Ana yang ditugaskan ke Kementerian Desa, Percepatan Pembangunanan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
 
Sedangkan posisi Kapolda Kalbar selanjutnya diisi oleh Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Brigjen Erwin Triwanto. Sementara posisi Kapolda Kalsel diisi oleh Brigjen Rachmat Mulyana.
 


(FZN)

Kematian Saksi Kunci KTP-el (3)

Kematian Saksi Kunci KTP-el (3)

5 hours Ago

Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat ikut menyediakan teknologi perekaman KTP-el. Terselip na…

BERITA LAINNYA