First Travel Wajib Kembalikan Dana Calon Jemaah

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 10 Aug 2017 15:17 WIB
berita dpr
First Travel Wajib Kembalikan Dana Calon Jemaah
Logo First Travel

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid menegaskan First Travel wajib mengembalikan dana yang telah disetorkan calon jemaah haji atau umrah. Jika tidak, sanksi terhadap First Travel bisa lebih berat.

"Itu bagian dari kewajiban hukum pihak First Travel," kata Sodik kepada Metrotvnews.com, Kamis 10 Agustus 2017.

Pengembalian dana salah satu bentuk pertanggungjawaban yang harus segera dipenuhi First Travel.

Klik: Ini Alasan First Travel Sulit Memberangkatkan Umrah

Kementerian Agama menjatuhkan sanksi administratif pencabutan izin operasional PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel) sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU). Sanksi itu ditetapkan melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 589 Tahun 2017 per 1 Agustus 2017.

Tidak hanya itu, Badan Reserse Kriminal Polri menangkap pemilik First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan. Pasangan suami-istri itu diduga menipu calon jemaah umrah.

Sodik mengapresiasi ketegasan pemerintah dan polisi menyikapi masalah First Travel. Menurutnya, hal itu diperlukan sebagai bentuk pembelajaran bagi PPIU agar tidak main-main dan mengecewakan jemaah.

"Tidakan cepat, tegas, dan sesuai hukum dari Kementerian Agama (Kemenag) dan polisi sangat diperlukan agat tidak banyak korban yang sudah berusaha dan berkorban dana dan tenaga untuk bisa ke Tanah Suci," ujar Sodik.

Klik: Pemilik First Travel Ditangkap

Politikus Partai Gerindra itu menyampaikan, pihaknya sejak lama mengimbau agar Kemenag segera mencabut izin operasi First Travel. Komisi VIII juga sudah lama meminta polisi segera menindaklanjuti laporan jemaah.

"Walaupun kami menilai lebih lambat dari yang kami sudah pikirkan, tapi alhamdulillah sekarang semua sudah bertindak," tandas dia.

 


(TRK)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA