Advokat Lucas Didakwa Merintangi Penyidikan KPK

Fachri Audhia Hafiez    •    Rabu, 07 Nov 2018 12:31 WIB
suap di ma
Advokat Lucas Didakwa Merintangi Penyidikan KPK
Advokat Lucas menjalani sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Advokat Lucas didakwa merintangi penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus yang menjerat petinggi PT Paramount Enterprise International Eddy Sindoro. Dakwaan itu dibacakan dalam sidang perdana Lucas di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

"Telah melakukan atau turut serta melakukan dengan sengaja mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan terhadap tersangka ataupun para saksi dalam perkara korupsi, yakni Eddy Sindoro," kata jaksa KPK Abdul Basir di Pengadilan Tipikor, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 7 November 2018.

Menurut dia, Lucas menyarankan Eddy untuk tidak kembali ke Indonesia. Selain itu, dia mengupayakan Eddy masuk dan keluar wilayah Indonesia tanpa pemeriksaan imigrasi.

"Ini untuk menghindari pemeriksaan atau tindakan hukum lainnya terhadap Eddy oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi," ujar Jaksa Abdul.

Lucas menjalankan perbuatannya tersebut dengan Dina Soraya, pihak swasta. Jaksa Abdul menyebut perbuatan itu dilakukan terhitung sejak 4 Desember 2016 sampai dengan 29 Agustus 2018.

Baca: Eks Pejabat MA Diusut soal Dugaan Transaksi PK

"Atau setidak-tidaknya pada suatu waktu lain dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018," jelas dia.

Lucas pun diancam pidana dalam Pasal 21 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.




(OGI)