Kejaksaan Tentukan Sikap Kasus Ahok Besok

Golda Eksa    •    Selasa, 29 Nov 2016 19:51 WIB
kasus hukum ahok
Kejaksaan Tentukan Sikap Kasus Ahok Besok
Basuki Tjahaja Purnama. Antara Foto/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejaksaan Agung menegaskan, proses penelitian berkas perkara tahap satu kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tidak bernuansa politis maupun intervensi.

"Berkas BTP (Basuki Tjahaja Purnama) memang sudah dilakukan penyelidikan intensif oleh penyidik Polri. Karena penyelidikannya intensif, maka penyidikannya pun diteruskan," kata Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung Mohammad Rum di Gedung Kejaksaan Agung, Selasa (29/11/2016).

Rum menambahkan Korps Adhyaksa juga bakal menentukan sikap kasus Ahok, apakah berkas perkara tahap pertama lengkap (P21) atau justru dikembalikan ke Bareskrim dengan alasan belum memenuhi syarat materiil dan formil. Keputusan itu paling lambat ditentukan pada Selasa malam ini atau Rabu pagi 30 November.

"Kami menentukan sikap dan kalian terjemahkan saja sendiri. Saya tidak bilang sudah memenuhi (syarat). Intinya tidak ada intervensi. Sekarang masih diteliti kelengkapan formil dan materiil."

Menurutnya, tim jaksa peneliti masih mempelajari berkas perkara secara komprehensif. Tidak ada penambahan pasal dan masih serupa dengan sangkaan yang diberikan pihak kepolisian, yakni Pasal 156a KUHP tentang penistaan agama, dan Pasal 156 tentang penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan (ulama).


(TRK)