Politikus Gerindra Kembali Diperiksa KPK

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 21 Sep 2016 12:05 WIB
suap proyek di kemenpu-pera
Politikus Gerindra Kembali Diperiksa KPK
Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis. Foto: Antara/Rosa Pangabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis. Politikus Gerindra itu diperiksa dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penerimaan hadiah terkait proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
 
"Dia diperiksa sebagai saksi dari tersangka ATT (Andi Taufan Tiro)," kata Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andrianti di Gedung KPK, Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (21/9/2016).
 
Pemeriksaan Fary ini bukan kali pertama dalam kasus suap proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Fary sudah berulangkali diperiksa sebagai saksi, di antaranya untuk tersangka Damayanti Wisnu Putranti, mantan anggota Komisi V DPR RI fraksi PDI Perjuangan.
 
Fary diduga mengetahui aliran duit kepada anggota Komisi V. KPK juga masih menelusuri adanya dugaan keterlibatan pihak lain dalam kasus ini.
 
Apalagi sebelumnya dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi terungkap sebanyak 24 anggota Komisi V turut kecipratan duit dari Direktur Utama PT Windu Tunggal Utama Abdul Khoir.
 
Selain Fary, KPK juga menjadwalkan pemeriksaan Direktur PT Reza Multi Sarana Rizal dan karyawan honorer Kemenpora Ayu Mega Sari. Namun, belum diketahui keterkaitan keduanya dalam kasus ini.
 
Sampai saat ini KPK sudah menetapkan sejumlah tersangka, di antaranya, Damayanti Wisnu Putranti, Budi Supriyanto, dan Andi Taufan Tiro dari Komisi V DPR; Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional IX Maluku dan Maluku Utara Amran Hi Mustary serta dua kolega Damayanti, Julia Prasetyarini dan Dessy Edwin. Mereka diduga telah menerima suap dari Direktur Utama PT Windhu Tunggal Utama Abdul Khoir.


 
(FZN)

Video /