Kalla Ingatkan Polisi Dampak Negatif Teknologi

Dheri Agriesta    •    Jumat, 04 May 2018 11:07 WIB
teknologi
Kalla Ingatkan Polisi Dampak Negatif Teknologi
Wapres Jusuf Kalla/MTVN/Dheri Agriesta

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan personel Polri soal potensi konflik akibat perkembangan teknologi. Kecanggihan teknologi tak melulu berdampak positif.

"Sekarang teknologi bisa menimbulkan konflik akibat banyaknya media sosial, sehingga mudah menyebarkan isu, bisa terjadi hoaks di mana-mana yang susah dideteksi," kata Kalla saat memberikan pengarahan kepada seluruh Kapolda di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat, 4 Mei 2018.

Kalla meminta Korps Bhayangkara profesional mencermati potensi tersebut. Penyebaran hoaks bisa saja dideteksi dini dengan bantuan teknologi mumpuni.

Polisi harus memiliki kemampuan dan menguasai teknologi guna menangkal penyebaran hoaks.

"Apabila kita melihat pada dewasa ini tentu masalah teknologi lah yang paling banyak menyebabkan masalah yang bisa menjadi hate speech, hoaks," jelas eks Ketua Umum Partai Golkar itu.

Kalla juga mengingatkan sejumlah potensi pengganggu keamanan dan ketertiban. Konflik sosial, konflik agama,dan masalah pada pemilu sebelumnya menjadi contoh nyata.

"Sekarang allhamdulillah jauh lebih baik dibanding masa lalu, pernah malah pemilu kita enggak ada apa-apanya," ucap Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.


(OJE)