Komisi I Minta KBRI Mesir Upayakan Pembebasan 4 Mahasiswa Indonesia

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 06 Jul 2017 11:59 WIB
berita dpr
Komisi I Minta KBRI Mesir Upayakan Pembebasan 4 Mahasiswa Indonesia
Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari. Foto: Dok. DPR

Metrotvnews.com, Jakarta: Empat mahasiswa Indonesia ditahan oleh aparat kemanan Mesir. Penahanan empat mahasiswa Al-Azhar University itu sejak 3 Juni 2017.

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, khusunya Kedutaan Besar RI (KBRI) untuk Mesir, terus memberikan pendampingan kepada empat mahasiswa Indonesia tersebut. "Dan upaya untuk bisa segera membantu mereka untuk bisa segera kembali," kata Abdul, di Gedung Nusantara II Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 6 Juli 2017.

Politikus PKS itu menyampaikan, pihaknya akan membahas polemik penahanan empat mahasiswa Indonesia tersebut dengan Kemenlu. Kebetulan, kata dia, dalam waktu dekat Komisi I DPR RI akan menggelar rapat kerja dengan Kemenlu.

"Kita minggu depan akan rapat dengan kemenlu," ungkap dia.

Ketika ditanya apakah Komisi I DPR RI juga akan memanggi Duta Besar Mesir untuk Indonesia untuk mendalami penahanan empat mahasiswa tersebut, legislator dari daerah pemilihan Jawa Tengah V ini menjawab, belum perlu. 

"Jadi tidak memanggil secara khusus, akan tetapi memang minggu depan sudah dijadwalkan ya, kita akan rapat dengan mereka (Kemenlu)," jelasnya.

Selain itu, Abdul mengimbau agar KBRI dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri harus sensitif terhadap situasi sosial dan politik yang terjadi di negara yang ditempati. Sehingga, WNI bisa meminimalisir kemungkinan yang tidak diinginkan, di antaranya penahanan yang dialami oleh empat mahasiswa Indonesia di Mesir.

"Sesungguhnya memang di negara mana pun, kita harus mengerti situasi tempat kita berada. Kalau  tempat itu tidak boleh dikunjungi, ya jangan dikunjungi," kata Abdul, mengingatkan.


(ROS)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

1 day Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA