KPK Minta Mensos Tertib Gunakan Anggaran

Juven Martua Sitompul    •    Jumat, 07 Sep 2018 17:02 WIB
pencegahan korupsi
KPK Minta Mensos Tertib Gunakan Anggaran
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (kiri) dan Menteri Sosial Agus Gumiwang. Foto: Medcom.id/Juven Martua Sitompul

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap Menteri Sosial Agus Gumiwang dapat menggunakan anggaran Kementerian Sosial (Kemensos) dengan baik. Terpenting, alokasi dana itu sampai ke pihak-pihak yang tepat.
 
"Sehingga tidak ada penerima double, jadi benar-benar sesuai NIK (nomor induk kependudukan)," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 7 September 2018.
 
KPK juga berharap Agus Gumiwang benar-benar bekerja dan mengabdi untuk kepentingan rakyat. Kementerian Sosial dinilai sebagai lembaga paling mulia.
 
"Jadi kita berharap semua dana yang dikelola di kementerian ini benar-benar diterima oleh orang yang berhak," ujarnya.
 
Basaria memastikan pihaknya akan membantu Kementerian Sosial dalam mengelola anggaran tersebut. "Deputi pencegahan dan deputi penindakan sudah siap membantu soal NIK," ujarnya.
 
Agus Gumiwang mengatakan, anggaran Kementerian Sosial mengalami kenaikan hingga 35 persen atau Rp54 triliun.
 
"Jadi, yang menjadi penerima manfaat dari 2018-2019 tidak ada perubahan, tetap 10 juta orang," ucap Agus.

Baca: Jokowi Percaya Kemampuan Agus Gumiwang

Agus berjanji terus melakukan koordinasi dengan KPK terkait pengelolaan anggaran. Politikus Golkar itu akan meminta KPK memberi pendampingan terhadap lembaganya agar alokasi anggaran itu berjalan dengan baik.
 
"Tadi saya sudah minta izin KPK untuk mendapat pendampingan dari deputi bidang pencegahan dan data informasi agar berikan izin bisa melakukan semacam teknis antara kemensos dan KPK," pungkasnya.


(FZN)