Satu Penganiaya Anak di Season City Masih di Bawah Umur

Faisal Abdalla    •    Sabtu, 20 May 2017 02:07 WIB
penganiayaan anak
Satu Penganiaya Anak di Season City Masih di Bawah Umur
Ilustrasi pelaku kejahatan ditangkap. MTVN/M. Rizal

Metrotvnews.com, Jakarta: Polsek Tambora, Jakarta Barat terus mendalami kasus penganiayaan IM, 5, yang terjadi di Season City, Jakarta. Tiga pelaku dicokok pihak kepolisian.

Walau demikian, salah satu pelaku tak ditahan karena masih di bawah umur. AA, pelaku yang masih di bawah umur tersebut, juga akan diperlakukan sedikit berbeda dengan dua pelaku lain.

“Karena memakai ketentuan UU Sistem Peradilan Anak, salah satu SOP dalam UU tersebut yaitu pelaku AA akan menawarkan perdamaian (diversi)," kata advokat dari LBH Mawar Saron, Daniel Sony R. Pardede saat dihubungi metrotvnews.com, Jumat 19 Mei 2017.

Walau demikian, keputusan berdamai atau melanjutkan proses hukum tetap ada di tangan keluarga korban.

Selain itu Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Erlinda juga menyebut ada potensi pelanggaran UU Perlindungan anak yang dilakukan oleh PT RAD, perusahaan penyalur pelaku AA. PT RAD dinilai mempekerjakan anak yang masih dibawah umur.

Dalam waktu dekat, LBH Mawar Saron rencananya akan mengundang pihak manajemen Season City serta PT RAD. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti pertanggungjawaban atas kasus yang menimpa korban.

Kasus penganiayaan yang menimpa IM ini melibatkan tiga pelaku. Satu dari tiga pelaku tidak ditahan karena masih dibawah umur. Akibat kejadian ini, korban yang berumur lima tahun mengalami luka fisik serius serta trauma berat.

 


(SUR)